5 Lagu Membawa Pesan Persahabatan Persaudaraan Dan Menyejukkan

5 Lagu Membawa Pesan Persahabatan Persaudaraan Dan Menyejukkan

Musim menjelang pemilu seperti saat ini banyak kegiatan dan tahapan pemilu yang harus dilakukan oleh para kontestan seperti kampanye terbuka dan debat terbuka. Walaupun sesungguhnya debat atau kampanye sebenarnya adalah adalah adu program masing masing paslon dan dinikmati sebagai informasi dan ditanggapi dengan kegembiraan, namun perbedaan pilihan politik bisa saja membuat suasana tidak kondusif dan menjadikan suasana memanas. Dalam sebuah forum terbuka yang dihadiri oleh banyak orang atau dalam debat yang dihadiri oleh pendukung pasangan calon sering diselingi dengan lagu lagu yang bisa membuat suasana menyejukkan. Sebagai contoh pada debat terbuka yang ditayangkan langsung oleh berbagai Televisi Nasional beberapa lagu yang membawa pesan persatuan, kerukunan, toleransi segudang pesan baik lainnya selalu digaungkan selain sebagai cara untuk menurunkan tensi suasana juga sebagai media hiburan agar penonton tidak terlalu terbawa emosi atau ketegangan selama menonton debat.


Lima lagu dibawah ini cocok dinyanyikan dan ditampilkan dipanggung terbuka karena lirik pesan yang disampaikan bisa membawa penikmat musik selalu terbawa suasana damai, rukun menyejukkan dan meningkatkan persaudaraan. Hal ini karena memang masing masing manusia pasti punya perbedaan. Berikut diantaranya :

1. Kemesraan - Iwan Fals


Lagu ciptaan Iwan fals yang satu ini sangat membawa pesan kasih sayang kepada sesama. Coba kita pahami beberapa liriknya. Kemesraan ini janganlah cepat berlalu, Kemesraan ini ingin ku kenang selalu. Hatiku Damai jiwaku tentram disampingmu. Pesan rasa kebersamaan ini membuat orang yang berada disekitar penikmat musik yang awalnya seolah olah sebagai musuh karena tak sepaham dengan pilihan kita, bisa menjadi kawan dengan rasa persaudaraan. Kemesraan dengan para penikmat lagu seolah menghilangkan rasa perbedaan pilihan. Sehingga dengan cara ini tindakan yang bisa memicu ketegangan juga bisa kondusif dengan sendirinya.

2. Rumah Kita - Ahmad Albar


Rumah kita adalah lagu slow rock yang di gawangi oleh Ahmad Albar (vokal) Ian Antono (gitar) Donny Fattah Gagola (bass) Abadi Soesman (kibor) Fajar Satritama (drum). Di tahun 1990 -an lagu ini sangat populer tidak karena pesan liriknya saja, tetapi saat ini lagu lagu yang bergenre slow rock sangat digemari. Pesan kebersamaan dan rasa persatuan dan saling peduli terasa sangat kental karena kita adalah senasib sepenanggungan dipayungi dalam satu rumah yaitu rumah Besar Indonesia. Lebih baik di sini, rumah kita sendiri, Segala nikmat dan anugerah yang kuasa, Semuanya ada disini, Rumah kita.

3. Bendera - Coklat


Lagu ketiga ini membawa pesan patriotisme terutama kalangan milenial, karena bit lagu yang diciptakan ini lebih menyasar kalangan muda. Walaupun lagu ini populer 18 tahun lalu namun sampai saat ini sering kita dengarkan lagu ini pada event event menjelang pemilu seperti ini.Kupertahankan kau demi kehormatan bangsa. Berikut cuplikan beberapa liriknya Kupertahankan kau demi tumpah darah. Semua pahlawan-pahlawanku. Merah putih teruslah kau berkibar. Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini

4. Persaudaraan (Detik Waktu) - Candra Darusman


Lagu yang diciptakan oleh Candra Darusman ini, khusus diciptakan untuk menghadapi persiapan menjelang debat pemilihan presiden 2019. Karena diharapkan dengan lagu ini persaudaraan tetap terjaga walaupun masing masing mempunyai pilihan yang berbeda. Walaupun lagu ini masih belum pernah kita dengar, liriknya membawa pesan sangat dalam. Walau badai datang, semua rintangan.Tiada merubah persaudaraan. Walau kegelapan yang menimpa kami. (Yang menimpa kami). Kita 'kan bersama.

5. Kawan - Krispatih


Lagu yang diciptakan pada tahun 2008 ini juga membawa pesan persaudaraan. Dengan irama yang lebih rancak, lagu "kawan" ciptaan krispatih cocok untuk dinyanyikan pada panggung panggung kampanye karena pesan yang dibawa adalah pesan persaudaraan. Pahami petikan liriknya : Mari kita bergembira kawan. Ho Ho Ho Ho. Tinggalkanlah rasa duka kawan. Ho Ho Ho Ho. Indahnya persahabatan kita. Ho Ho Ho Ho.Hidup kita kan bahagia.

Nah, ingin mencoba menikmati lagu lagu ini, sobat bisa memutarnya di youtube dan tetap jaga perdamaian, bawa pesan persaudaraan dan kebersamaan karena sejatinya walaupun kita berbeda beda tetapi tetap satu (Bhinneka Tunggal Ika).
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed