5 Karir Musik Profesional Yang Bisa Di Coba Milenial

5 Karir Musik Profesional Yang Bisa Di Coba Milenial

Bercita cita  ingin menjadi seorang penyanyi atau musisi terkenal sejatinya sama dengan menggeluti profesi laiinya. Bedanya penanyi maupun pemain musik kebanyakan dimulai dari bakat terpendam atau berasal dari keluarga yang berprofesi sama. Bisa menonjol atau malah tenggelam bakat tersebut tergantung pribadi masing masing. Ada juga pengaruh karena lingkungan atau hobi yang muncul begitu saja dan lama kelamaan bisa menjadi pekerjaan yang bisa mendatangkan penghasilan.

Jika sobat ingin eksis didunia musik sebagai sebuah penghasilan, sebenarnya banyak sekali celah profesi yang menyertai perkembangan musik sebagai sebuah industri. Tidak hanya sebagai obyek para pemikmat musik ataupun lagu, di era digital sobat bisa memanfaatkan teknologi untuk menjadi sebuah hamparan penghasilan yang tidak terbatas seperti contohnya Anda bisa menjual lagu ber hak cipta secara online, mempromosikan produk musik atau lagu melalui sosial media dan lain lain.


Sudah tidak zamannya lagi sobat yang mengembangkan hobi musik atau menanyi dengan turun ke jalan, mengamen kesana kemari didalam angkutan kota dan tempat keramaian lainnya dengan mengharap simpati dan recehan sekedarnya. Harga sebuah kemampuan bermusik sobat terlalu murah untuk dihargai hanya sekedar sebuah simpati dan tidak ada tingkatan karir yang jelas untuk masa depan.

Jika ingin sukses, mulailah dengan menyiapkan konsep kelebihan atau keunikan bermusik sobat walaupun sesederhana sekalipun. Kemudian start action dengan memanfaatkan berbagai teknologi, aplikasi dan event event lokal untuk mengenalkan diri dan membranding produk musik sobat. Ingat bahwa sobat disini tidak hanya menyalurkan hobi tetapi menjual produk. Kegigihan dalam berkreatifitas sangat dibutuhkan untuk mencipta hal hal baru yang menjadi tren musik masa kini. Passion sobat akan tercipta sendiri seiring dengan kualitas bermusik sobat. Inilah Ngamen yang sebenarnya.

Menulis hal seperti diatas memang mudah seperti membalikkan telapak tangan, namun untuk melakukannya bisa butuh pertimbangan yang jelas dan kadang butuh waktu yang lama karena pertaruhan masa depan. namun percayalah bahwa dengan menguasai teknologi masa kini untuk mengembangkan bermusik dengan ide ide kreatif , Insya Allah akan membuat membuat kesuksesan bermusik sobat Ngamen semua.

Beberapa profesi berikut ini bisa menjadi pertimbangan sobat dalam mendapatkan penghasilan dalam bermusik. Jika seorang multi talenta dalam bermusik , sobat bahkan bisa melakukan ke lima limanya sekaligus.

1. Youtuber

Kemampuan menyanyi dan bermain musik saat ini tidak terlepas dari situs Youtube. Hampir semua musisi punya channel youtube untuk mengenalkan lagunya. Kreatifitas dan keunikan lagi lagi menjadi jalan kesuksesan bagi seorang youtuber musik. Masih ingat Shinta Dan Jojo yang secepat kilat menjadi terkenal di youtube karen lagu keong racun ? Sepertinya tampak sederhana namun karena keunikan dan kratifitasnya maka bisa melambungkan namanya dan dikenal oleh banyak orang.

Darimana penghasilan seorang youtuber ?, Saat ini jangan meremehkan Youtuber, dengan modal hanya kreatifitas dengan mengungah video-videonya , sudah banyak yang membuktikan hasil yang didapat. Bahkan karena penghasilannya pemerintah berniat untuk me ngenakan pajak penghasilan dari youtube. Jika sobat ingin menjadi youtuber, banyak situs yang sobat pelajari namun untuk memulai mendapatkan penghasilan sobat harus memenuhi persyaratan dasar yaitu mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tonton di channel youtube sobat.

2. Digital Musik Arranger,  produser musik, pencipta lagu


Profesi yang satu ini akan melahirkan profesi profesi lain yang awalnya berasal dari kemampuan menaransmen musik. Mulai dari hal yang sederhana seperti menciptakan lagu lagu karaoke dengan berbagai format sampai pada mengaransmen lagu  untuk berbagai keperluan panggung, musik background, musik pengiring pertunjukan, musik film, video clips dll. Profesi ini kental dengan teknologi masa kini seperti alat musik keyboard arranger dengan software software digital musik yang berguna untuk memproduksi musik yang berkualitas dan enak dinikmati sesuai dengan genrenya. Jika sobat piawi dalam mengaransmen musik maka sobat bisa disebut sebagai produser musik.

Kedua profesi diatas bisa digabung dalam sebuah profesi lain yaitu pencipta lagu, menciptakan lirik lirik lagu dengan musik diaransmen sendiri baik menggunakan gitar, piano atau alat musik lainnya bisa menambah penghasilan sobat. lagu yang sobat ciptakan bisa dijual kepada produser atau bahkan langsung kepada penyanyi.

3. DJ (Disk Jockey)

Berbeda dengan seorang Produser Musik, DJ bertugas untuk meramu musik (mixing). Jadi musik yang akan di mixing sudah dicipta sebelumnya oleh produser. Kepiawian dalam meramu berbagai musik yang sudah diciptakan itulah menjadi kesuksesan seorang DJ. Ada kalanya seorang produser dan DJ adalah orang yang sama, artinya dia yang menciptakan musik, dia pula yang memixing dan memutar berbagai musik yang diciptakan seperti profesi yang dilakoni oleh Dipha Barus. Dia adalah DJ sekaligus produser musik elektronik dan dance.

4. Pemain band, group musik, vocal group

Profesi ini lazim dilakoni para milenial yang punya hobi bermusik. Namun sayangnya tidak semua pemain atau group band tidak bisa mencapai kesuksesannya bahkan banyak yang kandas ditengah jalan seiring waktu dan umur bertambah. Memang untuk menjadikan sebuah group musik atau idol group atau apapun namanya bisa tetap eksis membutuhkan komitmen, biaya dan waktu yang tidak sedikit dengan pengelolaan yang profesional dengan disiplin yang tinggi. kalau tidak, ya akan bubar begitu saja. Sama saat seperti sobat gabung di group band masa SMA yang sekedar menyalurkan hobi, saal lulus sekolah group akan hilang kecuali jika sobat bisa menekuninya secara profesional.

5. Pengisi Pertunjukan acara, MC, selebrasi (cheerleader),  penari, penyanyi, pemain musik solo, cheerleader, dll

Intinya bahwa profesi yang satu ini tercipta jika ada event event tertentu seperti pernikahan, pertunjukan musik, pertunjukan budaya dan lain lain yang bersifat massa. Aksi pertunjukan panggung dibutuhkan dalam profesi ini. Jika sobat menginginkan salah satu dari profesi diatas, alangkah baiknya bergabung dalam sebuah event organizer yang memang punya keahlian dalam mengelola kegiatan dan pentas pentas musik baik sekala kecil maupun besar. Tujuannya adalah keberlangsungan profesi. Semakin banyak event yang menggunakan jasa profesi sobat, semakin banyak penghasilan didapat. Namun sebaliknya bisa saja terjadi event event yang pada suatu saat jarang terjadi sehingga mengurangi penghasilan sobat. Untuk itu jangan hanya menggunakan profesi ini sebagai penghasilan utama jika masih ada " kekeringan" event. Profesi youtuber atau bisa sobat lakoni untuk menambah pundi pundi penghasilan.

Nah, bagaimana sobat milenial, masih bimbang dengan karir musik sobat ngamen dijaman teknologi ini. Saya yakin jika sobat bisa mengembangkan kreatifitas dalam bermusik saat ini jalan kesuksesan akan sobat raih karena kemudahan teknologi semakin terasa untuk memperkenalkan musik dan diri sobat ke dunia yang luas ini.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed