Tips Mengelola Blog Musik, Sebuah Pengalaman Pribadi

Tips Mengelola Blog Musik, Sebuah Pengalaman Pribadi


Menulis di blog merupakan satu cara untuk menyalurkan hobi, ide ide dan pengalaman. Sebagai penggemar musik maupun lagu , blog bisa menjadi cara saya untuk mengungkapkan berbagai hal yang bisa menjadi informasi maupun sekedar cuma curhat curhatan terutama yang berhubungan dengan musik dan lagu. Blog musik sebenarnya bisa dikembangkan dengan memperluas jangkauan niche termasuk berbagai materi lagu lagu populer dengan tujuan untuk menambah pengunjung dan memfilter materi artikel dengan kata kunci long term atau kata kunci abadi. Namun saat ini dengan semakin ketatnya peraturan Google terutama dalam penyajian materi artikel, blog musik tidak tidak terlalu masif seperti dulu. Jika beberapa tahun lalu blog musik bebas menyajikan download lagu dan pengunjung bisa bebas memilih lagu populer yang diinginkan, saat ini jika ingin bermitra dengan Google Adsense sepertinya sangat sulit.

Walau demikian bukan berarti blog musik tidak bisa berkembang. Dengan semakin meningkatnya nilai klik (CPC) pasca pengetatan peraturan Google Adsense tahun lalu, setidaknya bisa menjadi angin segar bagi blogger untuk menyajikan artikel berkualitas. 

Seperti yang sobat lihat pada blog Ngamen ini, untuk tetap terus update artikel  artikel yang berhubungan dengan musik, saya memilih berbagai tips tips musik yang bermanfaat untuk dan tetap dicari oleh pengunjung walupun beberapa tahun artikel ini ditulis. Hasilnya jumlah pengunjung tetap stabil walaupun lama tidak diupdate artikel. Bahkan kadang beberapa bulan saya tidak update artikel sekalipun. 

Empat tahun blog Ngamen ini dibuat sejak mulai 2016, banyak suka dan duka dalam pengelolaannya, namun secara umum sobat lebih santai dalam update artikelnya karena tidak dikejar kejar oleh artikel yang cepat usang

Nah, dari beberapa gambaran diatas jika sobat ingin membuat blog yang berhubungan dengan musik, review lagu maupun tips tips yang bermanfaat tentang musik dan lagu berikut tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman peribadi :


  1. Buat nama blog seunik mungkin namun masih mudah dan terbiasa orang untuk mendengar nama tersebut
  2. Buat artikel sendiri dengan pengalaman dan kemampuan yang sobat miliki dibidang musik. Jika kemampuan dan pengalaman sobat terbatas bisa dengan mensupply artikel dengan berbagai cara. Saya melakukan dengan cara rewrite artikel untuk mendapatkan konten unik.
  3. Minsetting membuat blog adalah hobbi, maka menuangkan ide dan gagasan berkualitas dalam tulisan adalah hal paling utama, selebihnya  harapan pengunjung datang dan penghasilan dari Google adsense.
  4. Jangan pernah menduplikasi artikel walaupun dicantumkan sumbernya sekalipin. cara ini berpotensi merusak kualitas blog karena Google punya acara sendiri untuk mempinalti blog blog dengan artikel copas. Cukup dengan cara seperti yang saya sampaikan diatas yaitu rewrite (mengambil ide artikel dan ditulis ulang) atau lebih bagus membuat artikel sendiri walau kualitasnya masih rendah. Cara ini sangat banyak manfaatnya selain melatih diri memproduksi artikel sendiri juga menambah pengetahuan membuat artikel yang baik. Perhatikan artikel saya di blog ini 3 tahun yang lalu sangat sederhana dan singkat karena saya belum bisa mengembangkan ide membuat artikel.
  5. Dalam hal optimasi blog di mesin pencarian, berdasarkan pengalaman sobat tidak perlu melakukan berbagai pengaturan berlebih untuk mendapatkan posisi kata kunci terbaik. Internal link relevan, penempatan kata kunci, jumlah kata dalam artikel dan lain lain masih kurang berpengaruh dibanding dengan kualitas artikel itu sendiri. Bagi saya artikel berkualitas adalah artikel yang paling dicari oleh orang banyak dan dihasilkan dari ide tulis sendiri dengan kata kunci abadi (long term keyword)
Akhirnya, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Sobat akan merasakan seberapa manfaat artikel diblog sobat setelah pengunjung berdatangan dan berlama lama mengunjungi blog. Inilah kunci utama blog akan dinilai oleh google sebagai mitra yang baik untuk mendapatkan tampilan iklan Google Adsense.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed