5 Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Membeli Speaker Bluetooth

5 Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Membeli Speaker Bluetooth

Perangkat tanpa kabel di berbagai peralatan elektronik rumah tangga tampaknya sudah menjadi tren saat ini dalam instalasi antar perangkat baik yang berbasis jaringan wifi maupun bluetooth. Hal ini banyak dipilih oleh pengguna karena praktis, mudah dan tidak adanya jaringan kabel yang saling berkaitan antar satu device dangan lainnya. Tak terkecuali speaker bluetooth yang biasa dihubungkan dengan sumber suara seperti smartphone, laptop, televisi maupun perangkat lainnya. Speaker bluetooth dirancang sedemikian rupa untuk mengeraskan dan sekaligus memfilter suara dari sumber suara agar lebih bersih dan enak didengar dengan teknologi jaringan nirkabel bluetooth yang saat ini sudah menggunakan bluetooth versi terbaru yaitu 5.0. Syarat speaker bluetooth bisa tersambung adalah perangkat yang akan dihubungkan keduanya harus mempunyai fitur bluetooth. Bentuk speaker bluetooth banyak sekali macam nya mulai dari yang terecil sampai yang terbesar, mulai dari merk biasa atau bahkan bisa dirakit sendiri  sampai dengan  merk terkenal Sony, JBL, Anker, Denon dan lain lain.


5 Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Sebelum Membeli Speaker Bluetooth



Layaknya membeli perangkat elektronik pada umumnya, membeli speaker bluetooth juga harus memperhatikan spesifikasinya agar kita bisa mengetahui fitur apa saja yang bisa kita maksimalkan saat memfungsikan nanti. 


Sebelum membeli speaker bluetooth, setidaknya Anda sudah tahu apa fungsinya untuk perangkat yang akan dihubungkan dan bagaimana cara instalasinya. Hal hal seperti ini biasanya Anda sudah dianggap mengerti tentang kegunaan speaker bluetooth, ketika membeli perangkat ini di toko toko online.


Biarpun demikian, agar tidak salah langkah dalam membeli speaker bluetooth, beberapa hal berikut ini bisa Anda pertimbangkan :



1. Sesuai Kebutuhan


Seperti yang saya sebutkan diatas, speaker bluetooth banyak jenis dan macam dan ukurannya, ada yang berbentuk bulat, petak, kaleng, besar maupun kecil. Ada bentuk portable dan tidak. Jika Anda ingin menggunakan speaker bluetooth untuk mendengarkan musik atau radio dari perangkat lain seperti laptop maupun smartphone untuk menemani Anda sedang beraktifitas sehari hari seperti belajar, memasak didapur, dan aktifitas dirumah lainnya secara individu, bluetooth portabel dengan ukuran kecil bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda ingin berkaraoke, menonton film bersama keluarga, gunakan speaker aktif bluetooth ukuran besar. Hampir semua speaker aktif produksi saat ini sudah dilengkapi fitur nirkabel bluetooth.


2. Fitur 


Sudah menjadi hukum alam jika semakin lengkap fitur sebuah peralatan elektronik, semakin mahal harganya. Namun demikian untuk speaker bluetooth tidak terlalu mempengaruhi harganya. Bluetooth speaker portabel biasanya lebih praktis. Bahkan di speakernya selain sudah dilengkapi penguat suara plus filter suara dan perangkat nirkabel, juga dilengkapi radio receiver, bahkan slot micro SD yang bisa digunakan untuk memasang kartu memory. Hal ini selain berfungsi sebagai speaker bluetooth juga berfungsi sebagai music portable atau popcast yang sangat praktis bisa dibawa kemana mana untuk Anda yang mobilitasnya tinggi. Selain itu ada juga yang dilengkapi dengan batterai sehingga bisa berfungsi juga sebagai lampu senter, alarm dan lain lain.


3. Teknologi Suara 


Hal lain yang menjadi pertimbangan sebelum membeli speaker bluetooth adalah teknologi suara. Mencari perangkat speaker bluetooth yang terbaik tidak lagi memilih kekuatan suara speaker atau dentuman bass-nya, namun saat ini sudah ada teknologi pengolah suara yang secara otomatis bisa memproduksi suara keluar dengan realistis seperti menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) , AAC atau Surround Sound yang mengolah suara 3 dimensi. Teknologi ini bisa Anda pastikan ada didalam perangkat speaker bluetooth, setidaknya salah satu diantaranya.


4. Merk


Kadang orang tidak mau repot membeli speaker bluetooth melihat detil spesifikasinya, cukup dengan melihat merk dan harganya. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena brand / merk ternama dengan yang belum ternama sampai saat ini masih menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli perangkat elektronik. Pertimbangan ini biasanya didasarkan pada ketahanan perangkat yang sudah dibeli sebelumnya. Misalnya seseorang membeli kulkas merk A yang awet berpuluh puluh tahun, berdasarkan itu orang tersebut mempertimbangkan membeli televisi juga merk A, speaker bluetooth merk A dan lain lain. Apapun dasar seseorang memilih perangkat speaker bluetooth, yang jelas tidak terlepas dari perawatannya yang membuatnya lebih awet.


5. Harga


Mengapa harga menjadi pertimbangan terakhir ?, Karena perangkat speaker bluetooth harganya tidak semahal membeli perangkat televisi, laptop maupun lainnya, Bahkah orang cenderung mengabaikan harga speaker bluetooth karena dengan harga kurang dari 1 juta sudah mendapatkan speaker bluetooth yang kualitasnya bagus. 


Nah, dari gambaran diatas semoga Anda tidak salah pilih membeli speaker bluetooth idaman Anda.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------