Tips Aman Menggunakan Chrome OS Yang Diklaim Lebih Aman Dibanding Windows OS

Tips Aman Menggunakan Chrome OS Yang Diklaim Lebih Aman Dibanding Windows OS

 Sistem Operasi Chrome mungkin masih terdengar aneh di benak Anda. Namun sebenarnya Google telah mengembangkannya sejak 2009 dan telah disematkan dalam perangkan laptop tertentu yaitu Chromebook. Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Gentoo Linux[ yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi ini menggunakan Google Chrome sebagai interface pengguna grafis utamanya. Chrome OS. Diawal Chrome OS hanya berisi Chrome browser , pemutar media, dan manajer berkas.


Tips Aman Menggunakan Chrome OS Yang Diklaim Lebih Aman Dibanding Windows OS


Apa benar Chrome OS punya reputasi aman dari serangan anti virus dibandingkan dengan tingkat keamanan browser lainnya. Bagi orang awam jawabnya tentu akan mengiyakan karena membawa nama besar Google dalam kancah perkembangan teknologi OS yang selalu terupdate setiap waktu. Namun apakah demikian adanya ?, Di artikel kali ini Blog Ngamen akan mengulas lebih dalam tentang sistem operasi Chrome dan Tips aman menggunakan Sistem Operasi Chrome ini. Tetap stay tune di Blog Ngamen yang menjadi referensi bacaan teknologi sobat semua. 



Sebelum kita membahas keamanan Google Chrome, sebaiknya kita harus tahu bagaimana virus komputer bekerja. Virus hampir sebagian besar berada di bawah payung "malware". Virus bisa merusak karena punya celah atau jalan kedalam aplikasi atau sistem operasi (Windows) untuk memasukkan kode ke dalam file (biasanya, yang dapat dieksekusi), dan ketika file itu dijalankan, kode berbahaya dilepaskan. Setelah kode dilepaskan di sistem, ia dapat melakukan sejumlah aktifitas berbahaya, seperti menghancurkan data, menimpa file, atau bahkan menggandakan dirinya sendiri dan menyebar ke sistem lain. Biasanya, virus menargetkan sistem tertentu. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar virus menargetkan platform paling populer, seperti Windows.


Ada beberapa fitur yang membuat Chrome OS lebih aman daripada sistem operasi lain. Mungkin yang paling utama adalah Chrome sering memperbarui sistem. Chrome OS selalu memeriksa pembaruan, dan mereka dapat dipasang dalam hitungan menit. Menggunakan versi terbaru memastikan akan punyai keamanan dan perlindungan terbaru.


Didalam Chromebook melakukan semacam pemeriksaan mandiri setiap kali  melakukan boot ulang. Sistem akan memeriksa modifikasi yang membahayakan keamanan. Jika ada modifikasi yang ditemukan, sistem akan memperbaiki sendiri.


Rahasia keamanan Chrome OS sebenarnya dalam keamanan Chrome OS adalah Sandbox. Artinya, setiap jendela browser, ekstensi, atau aplikasi Android berjalan terbatas, terisolasi dan tidak dapat mengakses sistem lainnya. Jadi, jika virus menginfeksi satu sandbox, yang lainnya akan tetap aman.


Namun demikian jika didalam OS tetap terpasang ekstension berbahaya, aplikasi Android yang buruk, dan berbagai macam situs phishing hal ini sangat rentan dalam penggunaan Chrome OS tanpa mempedulikan penggunaan sandbox. Agar tetap aman dalam menggunakan Chrome OS berikut tips yang bisa sobat gunakan di Chromebook :. 


  • Waspadai phishing dan penipuan lainnya: Chrome OS, pada dasarnya, hanyalah browser web, jadi Chrome tidak melindungi Anda dari trik jahat di web. Misalnya, Anda masih dapat tertipu untuk memberikan informasi pribadi ke situs web scam.
  • Jangan mengunduh ekstensi Chrome dari pihak ketiga: Google melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam menjaga keamanan Toko Web Chrome, jadi hanya unduh ekstensi dari sana.
  • Hindari Mode Pengembang: Ini bisa menjadi alat yang ampuh, terutama untuk menjalankan aplikasi Linux. Namun, ini membuat Chrome OS lebih rentan, dan kebanyakan orang tidak membutuhkannya.
  • Selalu perbarui Chromebook, jika sobat melihat pembaruan Chrome OS tersedia, jangan ditunda, langsung pasang sesegera mungkin untuk memastikan  perlindungan terbaru. Chromebook mengunduh dan memasang pembaruan secara otomatis, tetapi  sering kali harus melakukan boot ulang untuk menyelesaikan prosesnya. 


Jika sobat ingin mengetahui lebih jauh tentang perangkat keras yang menggunakan Chrome OS selain Chroombook yang biasa kita kenal ada juga Chromebox (Versi mini dari Chromebook) dan Chromebit (Dongle HDMI yang menjalankan Chrome OS. Saat ditempatkan di slot HDMI di televisi atau monitor komputer, perangkat mengubah tampilan itu menjadi komputer pribadi . Perangkat tersebut diumumkan pada Maret 2015) Selain itu Chrome OS mendukung penyiapan monitor ganda, pada perangkat dengan port video-out.


Pembaruan Chrome OS terbatas dalam masa dukungannya.  Setiap model perangkat yang diproduksi untuk menjalankan Chrome OS memiliki tanggal kadaluwarsa masa pakainya yang berbeda beda. Namun semua perangkat baru yang dirilis pada tahun 2020 dan seterusnya dijamin untuk menerima minimal 8 tahun masa kadaluwarsa OS sejak tanggal rilis awal. 

Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------