Bisakah Situs Yang Anda Akses Menentukan Lokasi Persis Anda

Bisakah Situs Yang Anda Akses Menentukan Lokasi Persis Anda

Terhubung ke jaringan internet tanpa proteksi apapun (VPN, menonaktifkan tracing, dll), sesungguhnya kita secara tidak langsung telah memberitahu ke internet bahwa sekarang ini disini lho aku berada. Dengan begitu jika ada seseorang ingin melacak keberadaan pengakses internet akan bisa didapatkan dengan mudah. namun apakah lokasi yang ditentukan bisa didapatkan secara persis ?, Artikel berikut akan mengupas tuntas keberadaan sebuah situs yang sering kali meminta izin untuk mengakses lokasi Anda, berikut selengkapnya seperti yang telah diulas How To Geek :


Bisakah Situs Yang Anda Akses Menentukan Lokasi Persis Anda



Sebenarnya sebuah situs web yang sobat akses dapat menentukan lokasi geografis fisik dengan beberapa cara. Alamat IP menunjukkan area umum keberadaan sobat, paling tidak kita berada di negara mana. Disaat kita online menggunakan jaringan internet kita mungkin lupa bahwa sebenarnya kita telah meninggalkan jejak yang bernama IP (Internet Protokol). IP bisa sobat ketahui dari layanan provider masing masing kartu SIM . Saat sobat  mengakses sebuah situs web, situs web itu kemudian melihat alamat IP milik kita tadi. Komputer terhubung ke alamat IP situs web, dan situs web mengirimkan data kembali ke alamat IP kita.. Situs web tidak dapat melacak alamat IP kita tersebut ke alamat fisik rumah atau bisnis sobat secara persis namun bisa mengetahui alamat IP  ke penyedia layanan internet dengan mengetahui letak kota, wilayah, atau mungkin kode pos. Misalnya, jika Anda membuka situs web seperti menggunakan tool pencari lokasi IP , sobat telah meninggalkan jejak dengan secara tidak langsung memberitahu IP kita sehingga tool tersebut akan melacak alamat IP kita untuk menentukan nama penyedia layanan internet termasuk kota, wilayah, dan negara .


Lalu bagaimana bisa sebuah situs web terkadang dapat melihat lokasi titik Anda secara tepat ?, Bisa. namun harus ada izin dari kita sendiri. Mungkin sobat pernah melihat notifikasi seperti dibawah ini disaat mengakses  sebuah situs :


Iya, jika sobat ijinkan situs mengakses lokasi Anda dengan klik Allow, maka situs akan mengetahui persis posisi Anda. Hal ini biasanya sering digunakan untuksitus web cuaca misalnya untuk menunjukkan cuaca hingga ke lokasi persis , atau situs web toko ritel yang ingin menunjukkan semua toko terdekat dan jarak persisnya dari lokasi Anda. Situs web pemetaan dapat menggunakan lokasi fisik Anda untuk memberikan petunjuk navigasi dan sebagainya. Jika situs web menginginkan akses ini, Anda akan melihat permintaan di browser Anda yang memintanya. Jika Anda memberi situs web akses permanen ke lokasi Anda, itu selalu dapat melihat lokasi Anda tanpa harus bertanya lagi setiap kali Anda memuat situs web di browser Anda.


Selain dengan cara diatas, posisi kita juga bisa ditentukan oleh GPS ( Global Positioning System).Disaat sobat mengantongi ponsel atau tablet dengan posisi radio GPS aktif., maka lokasi persis Anda bisa dilacak dan kemudian diberikan ke situs web. Begitulah cara kerjanya dengan layanan lokasi di aplikasi di iPhone, iPad, Android, dan bahkan beberapa tablet Windows 10. Selain itu jika Anda hanya menggunakan perangkan dengan menggunakan layanan lokasi berbasis Wi-Fi. maka untuk menentukan lokasi persis dengan memindai daftar jaringan Wi-Fi terdekat dan kekuatan sinyal relatifnya, lokasi tepat Anda dapat diperkirakan dan kemudian diberikan ke situs web jika sobat memilih untuk mengizinkannya. 

Dan bagaimana jika Anda menggunakan komputer tanpa radio Wi-Fi — dengan kata lain, hanya PC yang dicolokkan ke kabel Ethernet? Dalam skenario ini, sobat tidak dapat memberikan lokasi fisik yang tepat ke situs web. Jika Anda mencoba, Anda hanya akan memberikan lokasi yang lebih umum berdasarkan alamat IP Anda — kemungkinan hanya kota atau wilayah tempat Anda tinggal saja.


Dengan kecanggihan teknologi saat ini bisa saja memungkinkan situs web dan jaringan periklanan bekerjasama saling untuk  dapat mengetahui alamat fisik hanya dengan mengetahui alamat IP saja. Hal ini kemungkinan bisa saja terjadi jika kita mengakses satu situs menggunakan menggunakan beberapa perangkat dengan IP yang sama. Misalnya, Anda memiliki beberapa perangkat di jaringan Anda, dan semuanya berbagi satu alamat IP . Sekarang, katakanlah satu perangkat di jaringan masuk ke situs web tertentu, misalnya situseekomersedotcom, dan Anda menolak untuk memberikan akses  ke lokasi persis Anda sehingga situseeekomersedotcom sekarang tidak mengetahui alamat fisik dari alamat IP. Namun disaat yang sama ada orang mengakses  situseekomersedotcom dan mengizinkan untuk mengakses ke lokasi persis. Nah dari sini sudah ketahuan bahwa alamat persis bisa diketahui hanya dari IPnya walaupun kita tidak merasa membagikan akses lokasi kita cara ini merupakan contoh kasus saja. Kita tidak tahu berapa banyak perusahaan yang menggabungkan data ini dengan cara ini. Namun, beberapa situs web dan jaringan pelacakan iklan kemungkinan besar demikian. Hal itu tentu dimungkinkan dengan teknologi yang mereka miliki.


Adakalanya kita ingin menyembunyikan lokasi kita atau ingin mengubah posisi lokasi kita dari situs web. Anda dapat menggunakan VPN. Saat Anda mengakses situs web melalui VPN, Anda terhubung langsung ke server VPN, dan server VPN terhubung ke situs web atas nama Anda. Berfungsi sebagai perantara,  Saat Anda mengakses situs web melalui VPN, situs web tersebut akan melihat alamat IP VPN itu, tetapi tidak akan mengetahui alamat IP Anda. Beginilah cara VPN memungkinkan Anda melewati batasan geografis di web. Jika situs web atau layanan streaming gratis misalnya hanya tersedia di Amerika , sementara posisi Anda berada di Indonesia. Sobat bisa menggunakan VPN yang berbasis di Amerika untuk mendapatkan layanan streaming secara gratis. Situs web streaming akan menandai Anda sedang berada di Amerika bukan di Indonesia.  


Kesimpulan : Memberikan akses lokasi ataupun menyembunyikan akses lokasi tergantung kepentingan dan niat. Kedua duanya bisa dimanfaatkan untuk niat baik dan juga niat jahat. Namun kita sebaiknya menghindari penggunaannya niat jahat seperti untuk penipuan, mengakses data pribadi (privasi) dan lain lain. Kasus Fake GPS driver online salah satu contoh bahwa menggunakan teknologi ini untuk niat jahat dan merugikan orang lain.


Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------