4 Alasan Orang Bakal Tidak Lagi Butuh Laptop

4 Alasan Orang Bakal Tidak Lagi Butuh Laptop

Tidak dipungkiri beberapa dekade tahun terakhir, laptop telah menjadi salah satu jenis mesin yang paling dipilih pengguna untuk mendampingi setiap pekerjaan dan hiburan pilihan  bagi hampir semua orang. Hal ini terlihat dari jumlah 166 juta laptop terjual secara global pada tahun 2019, sedangkan hanya 88 juta PC desktop yang terjual pada periode yang sama, dan kesenjangan tersebut diperkirakan akan terus melebar hingga setidaknya tahun 2024.


Bicara di masa saat ini mengapa orang lebih suka membeli laptop ketimbang desktop ? Tentu dari segi keuntungan lebih besar dibandingkan desktop seperti berat, ukuran, dan portabilitasnya. Sebuah laptop modern yang khas mungkin memiliki berat sekitar 1 - 2 kilogram; cukup mudah untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana pun sobat pergi.



Kemudian dari segi pemanfaatnnya, untuk apa orang sebenarnya menggunakan laptop? Sebagian besar adalah untuk menyelesaikan pekerjaan pekerjaan kantor dengan menggiunakan aplikasi berbasis office, surfing internet,  pengeditan gambar, video dan film, dan berbagai hiburan dan games.Dan memang hal hal diatas bisa didapatkan hanya dengan mempunyai satu perangkat laptop saja.


Berbicara masa depan dimana pilihan perangkan lebih beragam dan menawarkan harga lebih murah dan tingkat kepraktisannya lebih tinggi, tablet, smartphone, Smart TV bahkan desktop masakini sendiri bisa menjadi batu sandungan bagi laptop untuk menambah penggunanya. Setidaknya ada 4 alasan mengapa perangkat perangkat diatas bisa menjadi primadona dimasa yang akan datang.


Dikutip dari makeuseof.com, berikut adalah alasan alasan mengapa kita bakal tidak lagi membutuhkan laptop untuk kegiatan sehari hari :


1. Tablet lebih portabel untuk mobilitas


10 tahun yang lalu Steve Job telah mengumumkan bahwa era perangkat yang tidak praktis seperti PC Computer telah pergi. Tablet merupakan salah satu bagian utama dari revolusi pasca-PC yang dibicarakan Jobs. Mengapa tablet ? Rata-rata, tablet lebih murah daripada laptop, ringan, lebih portabel dan dirancang untuk digunakan saat dalam perjalanan (daripada harus menyalakan laptop, mencari meja untuk bekerja, dll), dan mereka dapat melakukan sebagian besar fungsi yang perlu dijalankan oleh pengguna laptop saat mobilitas.


Selain itu, mereka memiliki masa pakai baterai yang lebih baik, aplikasi biasanya lebih murah daripada perangkat lunak PC, dan mereka membanggakan fitur seperti input sentuh, sensor gerak, data GPS, dan kamera internalnya.


Tugas tugas baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan pribadi yang bisa diselesaikan dengan tablet tidak kalah fungsinya dengan laptop, fitur multi tasking, kecepatan akses internet, output coneector dan lain lain semuanya sudah ada di tablet. Namun kelemahannya mungkin kita masih belum terbiasa menggunakannya saat ini dan masih terbiasa menggunakan laptop.


Sebenarnya sat ini juga sudah banyak pilihan jenis tablet yang mumpuni baik yang menggunakan OS Windows, Android maupun produksi Apple sendiri seperti iPad.


2. Desktop lebih cocok untuk produktivitas


Berbicara desktop mungkin Anda masih membayangkan masih sama dengan PC komputer dimana ada monitor dan CPU sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Namun sebenarnya desktop yang dimaksud adalah perangkat dengan layar lebih besar dari laptop dan mesin CPUnya sudah menyatu dengan layar sehingga bentuknya lebih portable dan tidak membutuhkan space ruangan yang lebar. Desktop ini sering disebut dengan PC All In One. Cukup dengan mencolokkan keyboard dan mouse saja di perangkat ini dan langsung bisa digunakan. Desktop versi baru ini cenderung tidak membutuhkan daya yang besar seperti desktop model lama.


Setidaknya ada 3 keunggulan desktop All in One ketimbang laptop seperti :


Valuenya dinaman desktop jauh lebih hemat biaya daripada laptop, terutama karena suku cadang laptop memiliki harga yang lebih tinggi karena masalah miniaturisasi ekstra. Dengan desktop, sobat bisa mendapatkan lebih banyak daya dengan harga yang sama.


Ergonomi: Laptop memberi beban pada leher, pergelangan tangan, dan punggung  Keyboard lebih kecil dan cenderung membungkuk di atas layar. Di desktop, tampilan sejajar dengan mata dan dapat menggunakan keyboard biasa yang paling nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan sobat..


Ukuran Layar lebih luas : Tidak ada layar laptop yang bisa menyamai ukuran monitor desktop. Dari perspektif produktivitas, lebih banyak ruang layar berarti lebih banyak jendela di layar dan lebih sedikit peralihan aplikasi.


Desktop juga memiliki keunggulan dalam hal panas berlebih (ventilasi udara yang lebih baik), peningkatan (lebih mudah untuk menambahkan komponen baru), dan kartu grafis khusus. Itu membuat mereka sempurna untuk para gamer.


3.  Media Digital lebih cocok untuk hiburan


Dalam hal hal-hal seperti streaming film, acara TV, dan musik, pemutar media digital adalah alternatif yang jauh lebih baik dengan pengalaman yang mengesankan dibanding hanya sekedar melalui menggunakan perangkat laptop. Menikmati hiburan biasanya cenderung dinikmati bersama sama ketimbang sendiri sendiri. laptop dirancang untuk menikmati hiburan secara sendiri karena layarnya kecil dan terbatas.


Ada Smart TV dan Android TV yang saat ini bisa memenuhi kebutuhan hiburan dengan berbagai media digital yang siap memanjakan seluruh keluarga.  Menikmati ribuan film di Netflix, ratusan ribu Games diberbagai aplikasi, dan jutaan channel YouTube, menikmati streaming  musik online seperti Joox dan Spotify, Streaming TV, TV Digital baik yang free maupun yang on demand. Semuanya bisa dinikmati dengan layar yang luas dengan desain dan kualitas layar yang sudah dilengkapi teknologi yang sangat modern sehingga gambar terlihat sangat nyata dan nyaman. 


4. Penyimpanan data lebih cocok network atau cloud storage.


Semakin besar tempat penyimpanan data dan tingkat kepraktisannya, kita tidak bisa mengandalkan laptop yang hanya bisa memuat hardisk laptop yang sangat terbatas. Semakin murah biaya penyimpanan online yang tak terbatas dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa harus menghidupkan perangkat dulu seperti mengakses data di laptop, membuat fungsi laptop untuk penyimpanan data mulai ditinggalkan dimasa yang akan datang. Dengan pemikiran tersebut, gagasan untuk menyimpan semua media pribadi di satu perangkat sudah ketinggalan zaman. 


Perangkat Network Attached Server (NAS) memungkinkan perangkat sobat ngamen mengakses file yang disimpan di dalamnya, membuat hub terpusat untuk semua media pribadi Anda. Ini juga menyediakan cara untuk berbagi printer, scanner, dan kamera, sementara banyak perangkat NAS juga menggunakan teknologi Redundant Array of Independent Disk (RAID) untuk membuat cadangan otomatisnya. Yang terbaik dari semuanya, jika sobat cukup paham teknologi penyimpanan jaringan, sobat dapat mengatur NAS  untuk akses FTP jarak jauh. 


Lalu mengapa sampai detik ini orang masih saja mengandalkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya ?


Seperti yang sudah kita singgung sedikit diatas, bagi kebanyakan orang masih sulit melepas laptop karena sudah terbiasa dengan perangkat tersebut. disamping pengembangan tablet yang masih belum mengakomodasi masa transisi dari laptop ke tablet. Banyak menu menu dan fitur yang masih membingungkan pengguna baru dan harus belajar dari awal untuk menggunakannya dengan baik.


Pertimbangan purna jual juga menjadi pertimbangan tersendiri, harga laptop bekas lebih laku ketimbang tablet bekas. Yang diperlukan hanyalah kemauan untuk mengambil risiko. Meski begitu, kita harus akui bahwa laptop saat ini masih memiliki  keunggulan, terutama dibandingkan tablet. Berikut ini beberapa di antaranya.



1. Periferal


Jika sobat bekerja dalam pekerjaan yang membutuhkan banyak pergerakan (seperti jurnalisme atau fotografi profesional), ada kemungkinan besar harus sering menambahkan periferal ke perangkat. Hal ini bisa berarti seperti tugas dengan menghubungkan ke printer, memasukkan kartu SD, menggunakan kabel HDMI, atau menyimpan data ke  USB kebanyakan tablet tidak atau belum bisa melakukannya. 


2. Penyimpanan


Tablet tidak menawarkan tingkat penyimpanan offline yang besar seperti laptop.. Kebanyakan laptop modern mulai dari kapasitas minimum 250 Giga Byte sampai ukuran Tera Byte, sedangkan sebagian besar tablet kelas atas hanya  mencapai pencapai penyimpanan offline 128GB.


3. Drive dan Disk berbasis optic


CD dan DVD saat ini msaih saja banyak yang menggunakannya dengan alasan tertentu terbukti laptop keluaran baru masih ada yang dilengkapi dengan disk drive. Menginstal perangkat OS, memuat presentasi vendor, atau membawa citra video ke konferensi dan acara merupakan alasan alasan yang masih digunakan sebagian pengguna laptop dan belum bisa move on  


Apakah saat ini sobat masih ketergantungan dengan laptop atau sudah perlahan mengganti ke perangkat lain ? 


Pertanyaan diatas tidak perlu dijawab jika kita masih berkutat pada cerita masalah ketertinggalan teknologi. Namun jika kita sudah merasakan fungsi dari masing masing perangkat teknologi masa kini dalam kehidupan sehari hari kita akan merasakan betapa pentingnya memilih perangkat yang paling cocok untuk menjadi bagian dari kebutuhan dan gaya hidup saat ini.


Mungkin jawaban pertanyaan diatas jika dilihat dari perspektif masa kini  masih sangat menggantungkannya namun bisa jadi dimasa depan banyak perangkat pilihan yang lebih cocok untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi kebutuhan sehari hari.


Fungsi laptop memang lengkap untuk berbagai keperluan namun hanya mewakili kebutuhan dasar dari masing masing perannya. Pengalaman dan kebutiuhan mendasar saat ini yang menuntut kepraktisan, harga yang lebih kompetitif, aplikasi yang upto date dari segi fungsinya, dan berbagai pertimbangan personal lainnya bisa mengubah persepsi bahwa laptop suatu saat bisa jadi hanya tinggal kenangan atau hanya berfungsi untuk memahami teknogi IT di tingkat dasar saja. Ingat bahwa teknologi selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan manusia.


Advertisement

Baca juga:

------- Artikel Terkait -------