Signal Max Samsung Galaxy A, J Prime Sebenarnya Menggunakan Teknologi MIMO, Begini Cara Kerjanya

Signal Max Samsung Galaxy A, J Prime Sebenarnya Menggunakan Teknologi MIMO, Begini Cara Kerjanya

Beberapa tahun lalu Samsung Indonesia pernah menampilkan iklan TV dengan ponsel Seri A dan J yang disematkan signal Max Samsung. Lalu apa sebenarnya Signal Max tersebut ? Apakah ada pengaruhnya dengan Smartphone samsung yang yidak dilengkapi dengan fitur sinyal Max Samsung ?Untuk mengetahui silakan simak pembahasannya  dalam artikel ini.

Sebenarnya teknologi signal max saat ini diterapkan pada beberapa tipe ponsel Samsung seperti:
  • Galaxy A5 dan A7 2017
  • Galaxy J5 dan J7 (seri prime)
Untuk seri flagship pada Samsung S7 dan S7 edge / s7 note dan Samsung S8 dan S8+ memang tidak mengadopsi fitur signal max dan DAT software, tapi tetap memiliki 2 antena (multi antena). Fitur itu didukung oleh Qualcomm Snapdragon 820 yang sudah memiliki boost signal sendiri. Sampai saat ini belum tahu apakah hanya samsung yang memilikinya, tapi biasanya seri flagship yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 820 juga sudah support multi antena.

Signal Max Samsung Galaxy A, J Prime Menggunakan Teknologi MIMO, Begini Cara Kerjanya


Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari signal max dan bagaimana cara menggunakannya?

Signal Max pada Samsung merupakan teknologi inovasi yang sebenarnya bukan teknologi baru. Sebenarnya penamaan itu hanya sebagai “alat” untuk memikat daya tarik calon konsumen saja. Karena sebenarnya teknologi ini sudah ada dari beberapa tahun lalu yang disebut sebagai “teknologi MIMO“.
Intinya teknologi Signal Max ini berguna untuk mengoptimalkan sinyal yang diterima dengan bantuan multi antena (2 antena) yaitu antena primer dan sekunder dan dengan D.A.T. software dan juga inovasi  desain yang lebih baik.
Semua teknologi ini sudah otomatis ada. Jadi tidak usah  memastikan ponsel tersebut dilengkapi teknologi ini atau tidak. Untuk penggunaannya pun otomatis, kamu tak perlu melakukan settingan apapun lagi, karena kita tidak dapat melihat dan mensettingnya. Dan yang perlu diingat, ini bukan aplikasi yang bisa didownload di Playstore.
Tapi mengapa fitur ini tidak disematkan sejak awal dan pada semua tipe?

Karena ini fitur premium Samsung yang tidak diterapkan disemua ponsel. Pembuatannya pun lebih rumit dan membutuhkan biaya lebih tentunya. Ini juga menjadi strategi penjualan Samsung dalam menarik minat konsumen.
Karena teknologi “signal max” ini mirip sekali dengan teknologi MIMO yang sudah ada sejak lama pada modem, maka saya akan membahas mengenai MIMO ini.

Apa itu MIMO (Multiple In Multiple Out)

Sejak dimulainya teknologi radio kita sudah terbiasa dengan ponsel atau transmisi radio UHF dengan antena tunggal.
Transmisi ini merambat melalui udara dan diterima oleh antena yang jauh lebih besar di menara telepon, yang pada gilirannya menghidupkan kembali sinyal ke target tujuan.
Untuk transmisi panggilan telepon teknologi ini sederhana dan sudah cukup efektif. Namun dengan meningkatnya permintaan akan internet nirkabel 3G ataupun 4G yang lebih cepat dan lebih andal, maka dibutuhkan metode transmisi yang lebih komplek.
Jika Anda telah menggunakan internet 3G selama beberapa tahun, sekarang Anda akan menyadari bahwa kecepatan tertinggi yang diklaim meningkat dengan cepat dimulai sekitar 3.6 Mbps untuk rangkaian pertama stik broadband mobile, kecepatan menjadi 7.2 Mbps sekitar tahun 2007, menjadi 21 Mbps pada tahun 2008, 42 Mbps tak lama kemudian, lebih dari 100 Mbps dengan pengantar 4G pada akhir tahun 2011 dan sekarang kecepatan di jaringan 4G yang jauh lebih cepat.
Namun tentu saja tidak mungkin Anda benar-benar mengalami tingkat kecepatan seperti itu, namun kebanyakan orang akan mengalami lonjakan / perubahan kecepatan saat mengubah modem ke versi terbaru.
MIMO ini biasa digunakan pada modulator demodulater (MODEM) sementara pada ponsel belum banyak yang mengadopsinya, seperti saat ini hanya beberapa tipe samsung saja yang menggunakannya.

Apa itu D.A.T Software?

D.A.T (Dynamic Antenna Technology) ini memiliki fungsi untuk meningkatkan sinyal yang diterima ponsel sehingga data tidak akan terputus putus.
Sebenarnya dengan signal receiver yang semakin baik, membuat kegiatanmu seperti streaming, download, atau browsing tanpa gangguan lagi.

Lalu bagaimana teknologi MIMO / Signal Max berperan dalam peningkatan kecepatan koneksi Internet?

Meningkatkan kecepatan koneksi internet merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Faktor terbesar yang membatasi kecepatan adalah bandwidth.
Setiap menara telepon (BTS) memiliki lebar frekuensi total yang dapat ditransmisikan, dengan setiap orang yang menghubungkan saluran kecil dengan lebar tertentu.
Ini mengindikasikan bahwa setiap BTS memiliki sejumlah pelanggan yang dapat dilayani sebelum menjadi padat.

Jadi, cara yang paling jelas untuk meningkatkan kecepatan adalah memberi setiap pelanggan rentang frekuensi yang lebih luas untuk ditransmisikan, namun ini berarti lebih sedikit orang per menara telepon, yang berarti membangun lebih banyak menara telepon, yang harganya pun sangat mahal! Operator pasti memikirkan hal ini.

Sebagai gantinya, langkah paling pertama dalam meningkatkan kecepatan adalah dengan memanfaatkan faktor lain selain dari bandwidth.Teknologi 3G seperti HSPA memanfaatkan teknik modulasi digital seperti Quadrature Phase Shift Keying (dan banyak trik lainnya) untuk meningkatkan tingkat simbol, yang merupakan faktor utama kedua yang membatasi kecepatan.
Tak hanya itu, kecepatan juga dibatasi karena faktor rasio “Signal-to-Noise”, dimana kita dapat meningkatkan daya transmisi sehingga menara telepon bisa merespon kita dengan lebih baik, namun ini menghasilkan pengembalian yang cepat pula.
Begitu kita memaksimalkan semua kinerja yang kita bisa dari transmisi antena ke antena kita akan dihadapkan pada masalah yang  berbeda. Nah disinilah peran teknologi MIMO atau signal Max dari Samsung  dibutuhkan.

Karena secara logika, jika kita tidak dapat memperbaiki transmisi udara, kita dapat meningkatkan jumlah antena agar kecepatan lebih maksimal.
Dengan menggunakan beberapa antena kita bisa mengurangi masalah kesulitan dalam mentransmisikan sinyal. Jadi cara kerjanya ialah dengan menempatkan beban pada perangkat keras pemrosesan sinyal di modem atau telepon seluler Anda.
Hal ini karena semua antena mentransmisikan pada frekuensi yang sama, tidak diperlukan bandwidth per pengguna tambahan dari menara telepon. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan “Spatial Multiplexing“.

Spatial Multiplexing adalah seperangkat teknik modulasi pintar yang memungkinkan kita mentransmisikan aliran independen dari beberapa antena pada frekuensi yang sama tanpa mengacaukan informasi yang kita kirim.
Dengan teknologi ini kita dapat menggeser beban kinerja ke perangkat keras pemrosesan sinyal, yang membagi aliran data pada lapisan link ke dalam frame yang kemudian dikodekan, dimodulasi dan dipetakan ke antena keluar. Antena penerima melakukan tugas di atas dalam urutan terbalik, menggabungkan kembali frame ke arus data asli.
Sinyal Normal 3G dan Next-G disiarkan secara vertikal terpolarisasi, di mana gelombang bergerak naik turun.

Gelombang LTE MIMO terpolarisasi miring dimana setiap gelombang diputar sebesar 45 derajat secara horisontal, dicerminkan sehingga yang pertama berada pada 45 derajat dan yang lainnya pada derajat 135 derajat. Trik sederhana tapi cerdas ini disebut keragaman polarisasi dan memungkinkan modem Anda membedakan dua aliran data independen dengan frekuensi yang sama yang dialokasikan oleh menara sel.


Signal Max memiliki 2 antena (Multi Antena)

Karena pada modem atau pada ponsel seperti Samsung galaxy A 5/7 2017, J 5/7 prime memiliki dua antena internal yang masing-masing bertanggung jawab untuk menerima 1 aliran data, sangatlah penting untuk memiliki dua antena eksternal secara terpisah. Kita tidak bisa menggunakan patch patch ‘Y’ atau trik lain untuk menghubungkan kedua port modem menjadi satu antena, kita juga tidak bisa menghubungkan kedua antena eksternal menjadi satu port.
Penting untuk diketahui bahwa MIMO ini dinyalakan dan dimatikan oleh modem. Keputusan apakah akan menggunakan MIMO dinegosiasikan dengan menara sel, dimana kualitas sinyal yang diterima dan yang ditransmisikan dinilai (metrik yang dikenal sebagai CQI).
Bila kekuatan sinyal atau kualitas rendah, sulit bagi modem untuk membedakan antara dua aliran data, jadi saat level sinyal turun di bawah tingkat ambang batas tertentu, MIMO dimatikan dan modem beroperasi hanya dengan 1 antena.

Tergantung Provider dan Area Layanan

Antena ini bekerja di BTS yang memang sesuai. Jadi ini sangat tergantung terhadap ketersediaan dan area cakupan layanan dari provider yang digunakan.
Untuk memanfaatkan teknologi MIMO sepenuhnya (saat ini digunakan dalam komunikasi 4G LTE) 2 buah antena harus digunakan. Saat memasang antena directional seperti antena yagi, antena pertama harus diputar secara horisontal ke sudut 45 derajat dan sudut kedua sampai 135 derajat. Ini karena “keragaman polarisasi”. LTE menggunakan keragaman polarisasi untuk membantu membedakan antara dua aliran data yang dikirim dari menara.
Namun teknologi signal max pada Samsung galaxy sudah terpasang di didalamnya dan otomatis langsung bisa digunakan.

Bila berada di luar area MIMO kebanyakan modem masih bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan dual antenna. Layanan 3G dapat menggunakan teknik keragaman penerima tingkat lanjut yang memanfaatkan antena kedua untuk menangkap sinyal tertunda dan transmisi radio berkualitas tinggi, dan kedua aliran digabungkan melalui MRC.
Peningkatan kinerja paling sering diamati pada lingkungan multipath-dispersif spasial dimana sinyal tersebar di jarak dekat.

Layanan DC-HSPA + dapat menguntungkan saat pembawa disiarkan di polaritas terpisah, memungkinkan antena agar lebih sesuai dengan polaritas target operator.Jenis penerima yang lebih maju dapat menggunakan pemerataan linier dan teknik pemerolehan umpan balik pengambilan keputusan dalam upaya meminimalkan interferensi simbol. Memiliki 2 antena memungkinkan pandangan ‘stereoskopis’ tentang interferer.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------