-->
Bukan Versi Beta Lagi, WhatsApp Dark Mode Kini Resmi Rilis

Bukan Versi Beta Lagi, WhatsApp Dark Mode Kini Resmi Rilis

Setelah menunggu sekian lama akhirnya WhatsApp memenuhi janjinya dengan merilis versi terbaru 2.20.64 (sampai artikel ini ditulis) dengan menyertakan mode gelap atau dark mode. Versi ini bukan versi beta namun langsung bisa diunduh dari Play Store. Tampaknya WhatsApp butuh waktu lebih lama untuk "menata" aplikasi ini untuk mengurangi bugnya. 

Dalam sebuah posting blognya, mereka butuh waktunya untuk meneliti dan bereksperimen merancang mode gelap terutama dalam hal readibility dan information hierarchy. Rancangan agar mata tidak cepat lelah, mengurangi ketegangan mata dan penggunaan tema warna yang mendekati defaultnya menjadi hal yang paling pokok agar pengguna dapat memfokuskan perhatian dan kenyamanan dilayar.
.
WhatsApp Dark Mode


Apa itu Dark Mode WhatsApp?


Seiring dengan perkembangan kebutuhan kenyamanan dalam membaca tulisan di perangkat, belakangan muncullah berbagai fitur gelap di aplikasi maupun versi webnya. Google sendiri juga telah menambahkan fitur firur gelap diberbagai produknya seperti Youtube, Google Search, Android versi teranyar juga telah disematkan kemudian Google Maps juga termasuk yang paling saya sukai versi dark modenya karena saat maghrib tiba secara otomatis akan berubah menjadi gelap demikian juga setelah malam berlalu paginya berubah otomatis menjadi terang (night mode). Instagram. Facebook Lite, Telegram juga tidak mau kalah dengan mode gelap dan masih banyak yang lainnya. Nah, WhatsApp sebagai aplikasi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak didunia kali ini juga telah menambahkan fiturnya.

Lalu sebenarnya apa sih Mode Gelap atau dark Mode itu ?. Dark mode sebenarnya adalah pengaturan template yang biasanya dilayar tulisannya berwarna hitam dengan latar belakang putih atau warna warni, dengan mode gelap tulisan akan berwarna putih dengan latar belakang gelap atau hitam. Penggunaan warna gelap pada WhatsApp untuk memanjakan mata ternyata tidak terlalu gelap bahkan mendekati abu abu gelap. Warna ini sedikit lebih gelap pada versi dark mode di iPhone. Selain itu juga diberikan pilihan gelap pada pilihan wallpaper warna solidnya seperti pink ,orange, merah, biru gelap dan lain lain. Untuk menyesuaikan warna gelap wallpaper juga bisa di kustom sesuai dengan keinginan dengan memilih gambar yang ada di galeri.

Apa keuntungan menggunakan Dark Mode ?

Dari sisi pengguna atau pengakses situs maupun aplikasi, dark mode punya 2 keuntungan besar yaitu radiasi cahaya yang dipancarkan oleh layar ke arah mata bisa diminimalisir. Dengan begini mata akan terasa nyaman dan tidak lelah apalagi saat diakses pada malam hari atau ruangan yang minim cahaya. Biasanya mata akan cukup lelah jika layar tidak menyesuaiakan dengan cahaya disekitar kita. Layar terang sementara disekitar kita gelap ataupun sebaliknya.

Keuntungan lainnya adalah dari sisi pemakaian daya. Dalam event tahunan Andrioid Dev Summit yang digelar 23-24 Oktober 2019 lalu, google mengungkapkan adanya perbandingan konsumsi daya antara mode gelap dan material design (mode biasa). Mode gelap lebih awet pemakaian baterai seperti dalam grafik berikut ini :

Sumber : Google

Namun dari gambaran kecerahan yang tampil diatas dikhususkan bagi layar Amoled saja. Kenapa bisa irit ? karena dalam layar Amoled tidak membutuhkan backlight seperti pada panel layar LCD. Saat warna berubah menjadi hitam atau gelap maka pixel padam atau tidak menyala. Saat tidak menyala atau berwarna gelap maka daya tidak akan ditarik untuk memancarkan cahaya. Semakin gelap maka akan semakin irit namun kita juga harus memperhitungkan readibility dimana sejauh mana mata bisa nyaman untuk mengakses kecerahannya.

Selain itu dari sisi SEO, mode gelap akan meningkatkan waktu baca pada sebuah halaman situs. Hal ini bisa menjadi salah satu cara pemilik blog atau situs , developer aplikasi untuk meningkatkan user experience diblog selain tentunya juga memperhitungkan kualitas konten artikel itu sendiri , kecepatan loading situs dan lain lain. Dengan semakin lama waktu user mengakses situs maka bounce rate juga akan menurun. Bounce rate adalah prosentase perhitungan banyaknya pengunjung yang mengakses satu halaman ke halaman berikutnya dalam satu situs atau blog. Semakin banyak user membolak balik halaman maka bounce rate akan semakin rendah demikian juga sebaliknya.

Cara Setting Dark Mode WhatsApp


Tidak sulit untuk mensetting dari default menjadi dark mode berikut caranya :

1. Untuk iPhone atau secara umum di iOS versi 13 keatas sobat cukup memilih menu setting, kemudian klik Display dan Brightness. Setelah itu untuk mengaktifkannya cukup dengan mengubah Dark Mode menjadi ON, untuk menonaktifkan kembalikan ke OFF.

2. Untuk Android, Setelah menginstal versi terbaru, Klik titik 3 di sebelah kanan atas pilih Setelan /Setting, Pilih Chat, Pilih Tema /Theme , Pilih Gelap untuk mengembalikan ke default pilih Terang.

Nah, bagi sobat yang saat ini sudah terlanjur menginstal dark mode versi Beta (2.20.13) sampai dengan tanggal 7 Maret 2020 tidak bisa digunakan lagi, Sobat cukup dengan Klik Perbarui kemudian sobat diarahkan ke Aplikasi WhatsApp di Google Play untuk Klik Uninstal Aplikasi lama dan secara otomatis akan menginstal versi terbaru. Jika sudah terinstal, Klik Update di Google Play dan setelah selesai, tinggal mensetting ke Dark Mode.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed