6 Cara Agar Smartphone Tetap Aman Dari Serangan Malware

6 Cara Agar Smartphone Tetap Aman Dari Serangan Malware

Sama seperti komputer, smartphone juga memiliki kelemahan dalam hal keamanan . Ada banyak contoh kerentanan yang terjadi pada Android, seperti yang dikutip dari Kapersky memberikan contoh versi malware spionase canggih perangkat lunak versi Android terbaru, yang dikenal dengan nama Chysaor dan Pegasus

Sementara  iOS Apple yang dikenal lebih aman daripada OS Google Android, namun juga tetap rentan serangan yang berasal dari chipnya seperti dalam kasus Spectre. Selain itu, pada bulan September saja tahun lalu, Sophos Labs menemukan bahwa lebih dari 30% ransomware yang diidentifikasi berada di platform Android, dan diperkirakan ada sekitar 10 juta aplikasi Android yang dikategorikan 'mencurigakan'.

Mengingat munculnya malware seluler, pengguna harus terus waspada dan memastikan ponsel mereka aman, dan berikut enam cara untuk menjaga agar tetap aman seperti yang di rekomendasikan oleh techradar :

1. Aktifkan Pengunci pada telepon


Mengaktifkan lock  pada smartphone merupakan cara untuk menjaga agar perangkat tetap aman. Bila telepon terkunci, hal ini bisa mencegah orang lain mendapatkan akses ke perangkat, dari semua data data dan aplikasinya. Selain lock screen ,saat ini banyak pilihan pengunci yang ditawarkan oleh para vendor seperti, termasuk sensor sidik jari dan teknologi pengaman terbaru seperti iris scanner, sehingga kamu tidak lagi memiliki alasan bahwa tidak nyaman untuk membuka telepon jika terpasang pengunci. Bila kamu mengkonfigurasi pengaturan kunci, kamu dapat menentukan waktu sebelum telepon terkunci,sehingga akan terkunci otomatis walaupun kamu tidak menguncinya. 

2. Jaga agar OS tetap up to date


Menurut Fossbytes, versi yang paling populer dari Android yang digunakan sampai Februari 2018 adalah Nougat (7.0, 7.1), dengan jumlah pengguna 28,5%, namun hanya 1,1% pengguna ponsel Android yang menjalankan versi terbaru, Oreo (8.0, 8.1), sementara KitKat (4.4) yang sudah berusia 5 tahun masih digunakan 12% pengguna.

Sementara di Apple, situasinya lebih baik, namun masih jauh dari sempurna untuk versi terbaru iOS, 11.2, memang memiliki pangsa pasar tertinggi sebesar 70%, masih ada minoritas pengguna tetap yang masih ada di versi sebelumnya, seperti 10,1% yang berada di versi 10.3, yang tidak lagi menawarkan update keamanan terbaru.

Pengguna Android juga terus rentan akan serangan malware karena tidak lagi merilis update terbaru , sehingga pengguna berpotensi rentan terhadap ancaman baru, situasi yang ingin ditangani Google dengan usaha terbaru untuk memfasilitasi pembaruan Android. dengan nama Proyek Treble.

Setidaknya jika ingin membeli smartphone pilihlah selalu mendapat dukungan update OS versi terbaru. , seperti  Google Pixel yang selalu ada pemberitahuan jika terjadi kerentanan pada hardware maupun OSnya .

3. Hindari merek yang tidak aman


Beberapa telepon memiliki reputasi untuk menerima pembaruan yang lebih sering, seperti garis Google Pixel yang disebutkan di atas, dan iPhone Apple yang terus mendapat pembaruan selama beberapa tahun. Namun, dengan smartphone lain justru sebaliknya.

Pada bulan Februari, masalah keamanan telepon mencapai tingkat dengar pendapat kongres di AS, dengan pejabat intelijen memperingatkan bahwa telepon dari produsen China Huawei dan ZTE harus dianggap tidak aman, dan sejauh ini menuduh ponsel ini memata-matai warga AS. Selain itu tahun lalu budget phone dari Blu ditarik dari Amazon karena masalah privasi.


4. Enkripsi


Jika semua data yang ada di ponsel cerdas kamu seperti email, kontak, aplikasi keuangan dan banyak lagi hilang atau dicuri, tentu kamu tidak ingin ada orang lain yang bisa mengaksesnya. Caranya adalah dengan mengenkripsi penyimpanan telepon, sehingga jika jatuh ke tangan orang lain, data terlindungi. Caranya : sambil cas telepon kamu kemudian tap Security> Settings dan gulir ke bawah ke bagian 'Enkripsi'. Ketuk telepon 'Enscrypt'. Baca peringatan keamanan. Jika kehilangan password kamu harus mengatur ulang telepon.

Ketuk 'Encrypt Phone' untuk memulai proses enkripsi. Jangan mencabutnya karena alasan apapun karena enskripsi sedang berlangsung. Android akan menginformasikan kapan proses selesai. Biasanya ini memakan waktu sekitar satu jam.

Namun cara ini juga punya kelemahan, kinerja smartphone jadi lebih lambat dari sebelum di enscrypt.


5. Pindai virus


Perangkat mobile semakin rentan terhadap malware, termasuk ransomware. Bahkan Google Play Store terus diserang dengan perangkat lunak perusak, dengan program yang tidak dapat diterima menarik unduhan 4,2 juta yang menakjubkan, termasuk ExpensiveWall hack yang disamarkan sebagai aplikasi wallpaper. Solusinya, seperti saat mendownload perangkat lunak ke laptop atau PC, harus berhati-hati terhadap unduhan dari vendor mainstream dan sumber yang belum diverifikasi, dan memindai secara berkala untuk virus dan perangkat lunak perusak.
Jika OS Windows sudah dilengkapi dengan Windows Defender untuk mencegah malware, platform seluler masih belum memiliki program antivirus default. Cara mudahnya adalah mendownload dan memasang aplikasi anti virus dan malware pilihan dari vendor terkemuka baik untuk iOS maupun Android.

6. Jangan Root atau jailbreak 


Rooting merupakan proses mendapatkan akses khusus dengan mendapatkan hampir seluruh hal dalam sistem perangkat. Hal ini umumnya dilakukan pada perangkat Android, namun rooting juga bisa terjadi pada perangkat lain berbasis Linux. Pada Linux dan OS seperti UNIX, pengguna root pada dasarnya sama dengan user administrator pada Windows. Sementara Jailbreak merupakan proses menghilangkan keterbatasan yang ditempatkan oleh produsen perangkat. Jailbreak pada umumnya dilakukan pada perangkat berbasis iOS seperti iPhone atau iPad. Dengan kata lain, jailbreak ini menghilangkan pembatas yang ditempatkan Apple, sehingga memungkinkan ksmu untuk menginstal software pihak ketiga dari luar toko aplikasi.

Walaupun kamu bisa mendapatkan fitur lebih dari perangkat yang di root atau jailbreak namun dengan melakukan keduanya adalah memungkinkan pengguna mendownload aplikasi yang tidak sah yang mungkin berisi perangkat lunak jahat. Sebagai contoh, pada tahun 2015 malware KeyRaider yang menargetkan iPhone jailbroken, dan menghasilkan 225.000 akun Apple, termasuk kata kunci, ditemukan di server.

Serangan itu, bagaimanapun, berarti jika dibandingkan dengan malware CopyCat yang lebih baru yang menyerang 14 juta perangkat Android, dan bahkan meroot delapan juta dari mereka tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sumber dari malware tersebut adalah aplikasi populer yang diunduh dari situs selain Google Play Store.

Dari sudut pandang keamanan, praktik terbaik adalah jangan root atau jailbreak perangkat kamu, dan tetaplah dengan OS asli agar tidak mudah diserang malware dan ancaman lainnya.

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------