5 Cara Menghasilkan Uang Di saat Work From Home

5 Cara Menghasilkan Uang Di saat Work From Home

Bekerja dari rumah akhir akhir ini menjadi cara paling disarankan disaat pandemi Covid-19 sudah semakin mengkhawatirkan. Cara Menghasilkan Uang Di saat Work From Home bisa menjadi solusi dengan bekerja mandiri baik sebagai karyawan maupun membuka usaha sendiri dirumah. Hal ini bisa menjadi cara baru mensiasati penurunan penghasilan bahkan pekerjaan yang selama ini membuat kita produktif dengan munculnya wabah ini menjadi pengangguran. Jika anda sudah terbiasa mengoperasikan smartphone maupun laptop bukan hal yang mustahil  menurut saya untuk tidak kembali menjadi produktif . Apalagi anda mempunyai keahlian terpendam seperti hobi yang mungkin tidak bisa anda jalankan karena setiap hari harus bekerja diluar rumah.

Seseorang yang sudah terbiasa produktif selalu mencari jalan keluar bagaimana ia selalu produktif dimanapun ia berada bahkan kemungkinan mencoba sesuatu hal baru yang sama sekali tidak pernah dilakukan sebelumnya sekalipun. Jika sudah terbiasa mandiri diluar sana apalagi menggeluti aktifitas jual beli ataupun penjualan, pemasaran dan setiap hari harus menjumpai konsumen, client untuk menjual sebuah produk, akan sangat menunjang penghasilan Anda di dunia online karena disinilah keahlian anda akan bermanfaat untuk mengembangkan kreatifitas ini. 

Mengembangkan produktifitas didunia online cukup bermodal ide dan kreatifitas yang anda bangun selebihnya adalah platform atau media yang akan anda gunakan untuk menghasilkan uang. Sedangkan tips dan tutorial menggunakan platform secara jelas sudah banyak tutorial yang mengulasnya baik di youtube, blog maupun di media sosial. Tinggal kita mau memilih platform apa yang akan kita gunakan untuk berjualan menghasilkan uang.

Tutorial cara cepat dan produktif work from home untuk menghasilkan uang bisa menjadi salah satu inspirasi untuk memulai mencari celah penghasilan bahkan menjadi pekerjaan baru yang mungkin selama ini jarang bahkan tidak tidak terfikirkan sama sekali di benak Anda. Mungkin Anda sering membaca artikel profesi didunia online yang lazim kita dengar seperti dropshiper, content writer, editor, content marketing, translator dan dan segala macam profesi lainnya yang kebanyakan sudah diulas di berbagai artikel serupa. 

Cara Menghasilkan Uang Disaat Work From Home

Cara Menghasilkan Uang Di saat Work From Home 


Setidaknya ada 5 profesi lain yang bisa dicoba untuk work from home yang kebanyakan memadukan platform blog sebagai acara untuk menghasilkan uang. Namun tidak perlu risau karena tidak terlalu rumit untuk dikerjakan dari rumah. Berikut diantaranya :


1. Membeli barang online untuk dijual lagi


Anda suka berselancar mencari produk dan barang murah dan flash sale di market place seperti Shopee, Blibli, Tokopedia atau Bukalapak. Nah, sekarang kesempatan bagi Anda untuk mencari barang untuk dijual kembali. Saat ini banyak pelaku usaha butik, atau toko pakaian tidak lagi membeli barang dari supplier namun lebih memilih barang barang dari toko online. Selain kualitasnya jelas harga juga relatif sesuai dengan rupa barangnya. Setiap hari selalu ada flash sale, Anda bisa stay tune terus mengintip kapan waktunya flash sale dibuka karena barang yang dijual di flash sale cepat laku bahkan dalam hitungan detik setiap hari. Nah, jika barang sudah ditangan tinggal Anda membuat cara penjualannya bisa langsung secara offline ataupun online. Kuncinya keberhasilannya adalah harga murah dan demand tinggi. Semakin murah dengan permintaan barang tinggi maka cara menjualnyapun lebih mudah demikian sebaliknya. 

Cara diatas berbeda dengan supplier atau dropshiping kenapa disini kita bisa melakukannya secara mandiri memilih produk yang kita sukai tidak terikat dengan satu toko atau pemasok barang tertentu. Sedangkan Dropshipper kita terikat dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh toko tertentu. Cara mandiri ini akan lebih fleksibel untuk mensiasati pembelian dan penjualannya dengan gaya dan style kita dalam mengembangkan usaha.

Keuntungan lain jika Anda pelanggan setia e-commerce ada kelebihan kelebihan tertentu yang bisa Anda dapatkan dibandingkan Anda menjadi pelanggan pemula. Sebagai contoh jika Anda menjadi pelanggan setia Shopee yang menggunakan mekanisme pembayaran ShopeePayLater semakin sering belanja anda bisa mendapatkan limit utang semakin tinggi dengan syarat kita tidak pernah menunggak utang membayar tepat waktu dan terus berbelanja di Shopee. Perlu diketahui bahwa shopee selain menggunakan berbagai cara pembayaran ada sistem pembayaran milik Shopee sendiri yang diperbolehkan ngutang sampai barang sampai ditangan kita. Saya sendiri telah menggunakannya dan batas limitnya sekarang sudah Rp 1.200.000.

2. Blogging, Hobi Dan Jual Produk


Cara kedua untuk menghasilkan uang di saat work from home adalah memanfaatkan blog sebagai platform untuk menjual produk. Cara ini sudah lama dilakukan oleh para blogger yang ingin sekali merengkuh dayung dengan dua tiga pulau terlampaui. Artinya blogger yang biasanya mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense ingin menambah penghasilan tambahan lain dengan menjual produknya baik produk fisik maupun produk digital. Namun sayangnya banyak yang gagal karena menjual produk dianggap hanya sebagai sampingan saja padahal disaat sekarang CPC adsense yang tidak kunjung membaik dan menggapai pengunjung blog yang semakin sulit seharusnya menjadi lebih penting menggeluti jual produk sendiri melalui blog.

Salah satu yang bisa dilakukan agar artikel blog lebih natural dan berkualitas adalah berdasarkan pengalaman sendiri. Pengalaman bisa didapat hanya dari mengembangkan hobi. Sebagai contoh bangunlah blog niche otomotif jika anda bekerja atau hobi mengutak katik kendaraan bermotor, Anda bisa membuat Blog Musik jika Anda pandai menyanyi atau mencipta lagu, Kembangkan blog gardening jika Anda hobi menanam seperti pengalaman menanam secara hidroponik dan lain lain.Anda hobi memasak bisa mengkreasi resep makanan dan miniman sendiri dan hasilnya bisa dituangkan dalam tulisan. Anda hobi jalan jalan dan makan makan, silahkan bikin review makanan dan tempat kuliner favorit di kota Anda dalam sebuah blog. Tips dan tutorial yang didapat dari pengalaman pribadi bisa di share melalui blog ini sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan pengunjung blog. Dengan cara ini pula selain anda bisa dengan mudah mengembangkan brand sendiri dan menjalin komunitas serupa sehingga jaringan usaha anda tidak hanya menjangkau pengunjung blog dari mesin pencari saja.

Ngomong mudah mas, menjalaninya yang sulit. Saya aja ngeblog masih belajar apalagi bikin produk. nah, jikalau demikian nggak usah pusing mikirin blog dong. Pikirin hobi saja. Apa yang bisa anda kembangkan dari hobi Anda untuk menghasilkan uang tanpa menggunakan blog. Blog pikirkan belakangan untuk menjangkau audience yang lebih besar saja. Saya akan ambil contoh teman yang hobi memancing .Ia tahu bahwa ia tak akan bisa menghasilkan uang dari hasil memancing saja, namun dia berhasil dari menjual pakan mancing berupa udang hidup yang dijual setiap akhir pekan dipinggir jalan. Dia tidak kenal blog namun dia bisa memanfaatkan hobinya untuk menghasilkan uang tanpa blog. Kenapa Anda tidak mencobanya ?


3. Giveaway Hunting


Giveaway tahu kan apa itu ?, ya, kegiatan yang memberikan hadiah secara gratis kepada siapapun dengan produk atau layanan yang dijadikan sebagi sponsor. Namun sebelum mengikuti kegiatan yang dimaksud untuk dapat hadiah Anda anda harus mengikuti syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pemberi hadiah. Banyak sekali giveaway yang bisa Anda cari terutama di sosial media seperti Facebook dan Instagram.  Selain itu Group group di Facebook, WhatsApp dan lainnya juga sering memberikan Giveaway. 

Lalu apa untungnya bagi pemberi hadiah dengan giveaway yang dibuatnya ?, Pemilik produk atau supplier membutuhkan audience untuk mengenalkan produknya bahkan tidak hanya mengenalkan saja tapi bisa mencoba dan merasakan kualitasnya dengan memberikan secara cuma cuma. Selain itu penting untuk menjalin kepercayaan kepada audience yang akhirnya bisa meningkatkan branding.

Nah, kita kembali ke topik lagi. Dalam mencari gieaway yang cocok disini kita harus pandai memilih dan memilah jenis giveaway. Disini saya akan bercerita pengalaman berburu giveaway yang dilakukan oleh anak saya. Sejauh ini hasil yang ia dapatkan adalah 10 pasang sepatu dan uang Rp 200.000 dari 2 jenis Giveaway. Giveaway didapat dari Facebook dan Instagram dengan produk yang diikutinya adalah Sepatu dan menjadi fans penggemar pemain bulu tangkis Indonesia. Persyaratan yang kebanyakan harus dipenuhi adalah follower akun yang dimikinya. Kemudian pembuat giveaway membuat posting atau membuat pertanyaan kemudain pengikut giveaway menjawab pertanyaan yang diberikan , atau berinteraksi dengan tag ke kawan atau ada komentar yang berasal dari followernya dan lain lain.
Cara Menghasilkan Uang Disaat Work From Home

Nah, gampang kan ? Cara Menghasilkan Uang Di saat Work From Home dengan model seperti ini tergantung kepada keaktifan kita disosial media dan lebih hanya difokuskan untuk mencari uang tambahan karena jarang sebuah produk melakukannya secara kontinyu, biasanya dilakukan pada saat event event tertentu saja.

4. Jualan Online Di WhatsApp, Facebook dan Instagram


Nah cara keempat menghasilkan uang di saat work from home adalah dengan berjualan di Sosial Media seperti WhatsApp, Facebook atau Instagram. Cara ini paling lumrah dilakukan oleh hampir semua orang yang punya produk sendiri atau hanya sekedar mencari untung dari selisih pembelian dan penjualan.Tips yang bisa saya bagi diartikel kali ini adalah menjalin jaringan bisnis anda untuk lebih saling percaya karena ini adalah modal dasar bagi sebuah usaha untuk menjual sebuah produk. Perlu diketahui bahwa tingkat ketidak percayaan konsumen  lebih tinggi dijualan melalui sosial media ketimbang e-commerce jika sosial media masih dijual secara umum belum terbentuk jaringan bisnis. Oleh karena itu hanya orang orant tertentu yang biasanya sudah kenal dan jumpa scara fisik yang bisa menjadi partner, konsumen atau jaringan usaha. Berbeda dengan sistem jualan di toko online yang proteksi lebih bagus katimbang melalui Sosial media.

Kesulitan jualan melalui sosial media adalah pada awal membuat jaringan bisnis namun setelah jaringan terbentuk bisa menjadi keuntungan besar bagi pengusaha. Karena apapun yang dijual tetap laku karena terhubung dalam satu jaringan yang saling percaya. Jika ada masalah antar jaringan akan lebih mudah diselesaikan karena sudah saling mengenal. Tinggal sekarang bagaimana mengadakan barang atau prodiuk yang akan dijual apakah ada dan sesuai dengan penjualan dalam jaringan atau tidak. Sistem jualan seperti ini bisa dilakukan dengan menggabungkan arisan online dengan membeli sebuah barang artinya pemilik toko bisa menjadi admin untuk sebuah arisan. Setelah uang terkumpul akan dibeli sebuah barang oleh pemilik toko dan diberikan kepada siapa yang beruntuk mendapat giliran penarikan arisan.

5. Membuat Produk Digital dan Menjualnya


Cara terakhir menghasilkan uang online di saat work from home adalah membuat produk digital dan menjualnya dengan berbagai platform diatas. Nah, banyak sekali cara yang bisa dilakukan melalui dunia maya untuk membuat produk digital. Sebagai contoh Anda bisa membuat Aplikasi android untuk dikembangkan dan menghasilkan uang dari Admob, Anda pandai dibidang desain grafis bisa membuat template undangan atau template lainnya untuk berbagai kegiatan, Anda punya skill bahasa Inggris yang bagus bisa menterjemahkan dokumen menjadi translator atau menulis artikel berbahasa Inggris untuk membuat blog bule agar CPC meningkat. Anda mahir coding mendesain template blog baik ber platform blogger maupun wordpress bisa dijual di blog seperti yang dilakukan oleh Mas Sugeng, Kang Adhi Suryadi dan berbagai blogger lainnya.

Ini menjadi peluang yang sangat besar terlebih saat ini seperti yang disebut oleh banyak media bahwa anak muda Indonesia saat ini masih banyak yang belum menekuni dunia koding. menjadi programmer handal justru menjadi kesempatan pasar yang sangat besar disaat semua harus serba online. 

Nah, jika Anda tidak bisa memproduksi produk digital sendiri karena ketiadaan waktu belajar anda juga bisa menjual produk digital milik orang lain dengan sistem afiliasi. Yang dibutuhkan hanyalah  belajar sukses menjual produk sistem ini seperti salah satunya adalah membuat blog dengan artikel yang mengulas khusus tentang produk tersebut.

Bagaimana sobat Ngamen ? masihkah belum mau mencoba dengan cara cara diatas. Saya rasa sekaranglah kesempatan yang tepat untuk belajar dimana semuanya tidak boleh keluar rumah. Mulailah dengan produk unik di sekeliling Anda yang bisa dijual atau barang yang bisa Anda dapatkan dari orang lain yang punya selisih harga jika dijual. Bikin platform termudah seperti whatsApp atau Facebook untuk memulai membentuk jaringan. Intinya setelah mencoba berbagai cara tekuni satu hal walaupun kecil dan Insha allah hasilnya aakn luar biasa.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed