Tak Punya Printer Scan, Begini Cara Mudah Scan Dokumen Tanpa Scanner

Tak Punya Printer Scan, Begini Cara Mudah Scan Dokumen Tanpa Scanner

Scan dokumen merupakan salah satu hal pekerjaan online yang sering kita lakukan apalagi disaat work from home seperti sekarang ini. Tidak hanya keperluan untuk mengirmkan dokumen melalui email atau WhatsApp kepada orang lain ditempat lain, menscan file juga sangat perlu untuk mendokumentasikan ijazah, dan surat surat penting yang kita miliki untuk kita ubah kedalam bentuk soft copy. hal ini sangat penting agar suatu saat dokumen pribadi ini hilang, menjadi agunan bank, atau terbakar, setidaknya kita masih punya soft copy yang bisa menjadi bukti otentik walaupun dalam bentuk file scan.


Bahkan akhir akhir ini hampir semua lamaran kerja di instansi pemerintah maupun swasta cukup dengan melamprkan scan dokumen melalui online . Sebagai contoh jika Anda tinggal di Medan dan ingin melamar menjadi PNS pusat di Jakarta, untuk proses pendaftaran awal Anda tidak perlu ke Jakarta cukup dengan registrasi online dengan mengirimkan pertahil bisa dilakukan saat ini persyaratan persyaran yang dibutuhkan melalui file scan.

Untuk bisa menscan dokumen mestinya kita butuh scanner atau saat ini biasanya menggunakan printer yang punya fitur scan dengan harga paling murah 1,5 jutaan. Cara menginstalasi juga agak repot seperti memasang software driver printer scan, mengoperasikan scan sampai pada menyimpan dokumen dan lain lain. Bahkan scanner bekerjanya lebih lambat walaupun dari segi hasilnya lebih terang dengan pixel lebih bagus. File hasil scan biasanya kita simpan dalam bentuk PDF atau dalam bentuk gambar JPG. Jika dalam bentuk JPG bisa kita konversi ke PDF atau sebaliknya. 

Seperti pada judul diatas scan file tanpa scanner, sepertinya mustahil bisa dilakukan namun ternyata benar bisa dibuat hanya dengan aplikasi yang disebut CamScanner. Cara kerja aplikasi ini mirip dengan seperti kita memfoto dokumen saja namun bedanya hasil foto, oleh CamScanner diolah dan difilter sedemikian rupa dan hasilnya tampak lebih bagus.

CamScanner merupakan aplikasi Android yang dikembangkan olen INTSIG. Aplikasi ini beberapa waktu lalu dihebohkan dengan sistem keamanannya. Ada malware yang tersembunyi telah menyusup kedalam aplikasi untuk memata matai penguna. namun Developer telah memberikan pengumuman bahwa aplikasi ini telah aman digunakan dan tidak disusupi lagi. Caranya cukup mudah cukup download atau update versi terbarunya saja.



Persyaratan yang dibutuhkan untuk instal aplikasi CamScanner juga tidak terlalu rumit hanya smartphone Android dengan kamera belakang minimal 13 MP, lebih besar hasilnya akan lebih bagus lagi. Kemudian Penyimpanan / storage minimal 60 MB. Nah itu saja dan sekarang saatnya menginstal CamScanner dari Playstore. 

Nah, setelah diinstal sekarang coba gunakan untuk menscan sebuah dokumen. Lakukan dengan cara memfoto dokumen dan lihat apa yang terjadi. Iya,  dokumen yang difoto otomatis akan muncul batas pinggir kertas yang discan, sehingga setelah selesai foto maka hanya yang dibatasi border scan yang akan menampilkan hasilnya. Latar belakang pun sama sekali tidak muncul. Setelah itu akan memfilter untuk mengubah hasil gambar / PDF yang buram menjadi warna putih atau sesuai dengan warna dokumen asli dan hasilnya terserah bisa kita ubah ke PDF atau ke JPG.

Nah, hanya beberapa klik hasilnya sudah ditangan Anda, tidak seperti scan yang menggunakan mesin scanner yang prosesnya lebih lama. Demikian semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed