-->
Bingung File Atau Folder Tidak Bisa Dihapus Di Windows ? Simak Tutorialnya

Bingung File Atau Folder Tidak Bisa Dihapus Di Windows ? Simak Tutorialnya

Bekerja dengan laptop maupun PC bagi sebagian orang lebih efisien dan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan Smartphone. Biasanya dalam hal mengedit file, mendesain gambar, dan pekerjaan berat lainnya menggunakan layar yang lebih lebar dengan fitur multitasking jauh lebih nyaman dengan laptop. Namun tidak halnya bagi Anda yang lebih menyukai mobilitas, flexibilitas yang lebih perlu. mengerjakan tugas atau pekerjaan tidak hanya membutuhkan kenyamanan bekerja saja tetapi moving dari satui tempat ke tempat lainnya.

Jika Anda yang setiap harinya bekerja melalui laptop, pasti pernah mengalami kesulitan menghapus file atau folder. Karena hal seperti ini diakibatkan adanya beberapa penyebab seperti cara menguninstal aplikasi yang salah, aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS yang digunakan, Virus, malware dan berbagai penyebab lainnya seperti file atau folder sedang digunakan., file atau folder terkait masih aktif digunakan oleh program lain yang tidak kita ketahui. file atau folder memiliki permissions yang kuat.

Pada artikel kali ini akan berbagi cara menghapus file atau aplikasi yang membandel dan tidak bisa dihapus

Cara Menghapus Aplikasi, File atau Folder Yang Tidak Bisa Di Hapus Di Laptop/PC

Ada 2 cara yang bisa dilakukan yang pertama tanpa menggunakan aplikasi dan yang ke dua menggunakan aplikasi :

Menghapus file membandel tanpa aplikasi :


1. Cara pertama :

Jika ingin menghapus file atau folder membandel , cukup tekan CTRL+ALT+DEL dan plih START TASK Manager. Pada  Tab Application, Process dan service Anda bisa mencari nama file aktif yang tidak bisa dihapus. Jangan sampai salah pilih file yang di end process ya. Jika kurang ahli dengan menggunakan metode ini bisa pilih dengan cara kedua.


2. Cara kedua untuk yang lebih bandel


Mengganti User Account Komputer/Laptop

Ubah status akun komputer kamu menjadi Administrator agar bisa menghapus file atau folder yang tersimpan didalam komputer. Menghapus file atau folder hanya dapat dilakukan oleh pengguna pada posisi User Account Administrator. Untuk itu coba cek dan ubah switch user akun komputer atau laptop. Namun jika kamu sudah mengbahnya menjadi Administrator, maka penyebabnya bukan ini.


Menonaktifkan program aktif

Dikarenakan kemungkinan program aktif sebagai penyebabnya , non-aktifkan terlebih dahulu setiap program yang terkait. Pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file/folder biasanya muncul. Selain itu bisa juga dihentikan dengan cara menekan Ctrl+Shift+Esc menghentikan program dari Task Manager. Pilih aplikasi yang dimaksud dan klik End Task. Jika msaih gagal lakukan dengan cara ini :

Restart 

Cara ini akan menormalkan semua program dan aplikasi yang sedang aktif dan mengembalikan fungsi awal semua aplikasi stand by. Namun jika masih gagal juga lakukan tahapan berikutnya


Masuk Ke Safe Mode

Masuk ke safe mode secara umum bisa dilakukan dengan cara muat ulang (merestart komputer) lalu saat proses booting tekan F8 . (ada komputer tekan F2 atau F11). Dalam Mode Aman , Anda bisa dengan mudah menghapus berbagai jenis  folder maupun file yang tadinya  sulit untuk di hapus.

Menghapus file membandel tanpa aplikasi :

Jika segala cara yang sobat lakukan diatas tidak membuahkan hasil. cara lainnya adalah dengan menggunakan Aplikasi atau software. Aplikasi yang populer biasa digunakan adalah Software Unlocker dari Baidu atau ada yang menggunakan Iobit Unlocker. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis.

1. Baidu Antivirus


 Untuk menghapus file atau folder yang dihapus yang hanya dengan menekan CTRL+D atau delete tapi tetap tak bisa dihapus Maka anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan software Baidu anti virus. Software ini dapat menghapus folder atau file yang Tak bisa dihapus, caranya:
  • Download dan Install software Baidu Anti virus 
  • Kemudian jalankan software tersebut hingga muncul seperti gambar berikut.

  • Lalu pilih “aplikasi” dilanjutkan dengan “Penghancur File” seperti yang sudah saya lingkari tersebut.


Jika sudah tampak seperti gambar diatas. Maka sobat hanya perlu cukup menambahkan file yang akan dibersihkan. Setelah itu klik “Hapus Sekarang” sehingga file atau folder membandel langsung bisa dihapus.

2. Iobit Unlocker

Obit Unlocker berkinerja baik dalam menyelesaikan masalah "cannot delete file", "acces denied", "File sedang digunakan oleh program atau pengguna lain", atau masalah "Terjadi pelanggaran saat sharing" dan lain lain. Selain berfungsi untuk untuk menghapus file yang membandel, Iobit unlocker juga berfungsi untuk
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed