Cara Membersihkan Smartphone Dan Gadget Dengan Disinfektan

Cara Membersihkan Smartphone Dan Gadget Dengan Disinfektan

Dimasa sulit sekarang ini dimana semua orang harus rajin menjaga kebersihan dan kewaspadaan akan bahaya COVID-19, kita tidak lupa saling mengingatkan bahwa virus berbahaya ini bisa kapan saja dan dimana saja menular ke badan kita. Salah satu dari sekian banyak benda yang berada disekitar kita yang harus diwaspadai untuk selalu dijaga kebersihannya adalah smartphone ataupun laptop. Karena gadget merupakan benda yang setiap waktu kita pegang, maka kemungkinan besar bisa menjadi media penularan irus ini. 


Sebelum virus Corona mewabah, Apple menyarankan cukup dengan menggunakan kain halus dan lembab dengan Elbow grease sebagai bahan pembersihnya. Setelah COVID-19 menjadi pandemi, cara ini tentu saja tidak cukup hanya untuk membersihkan fisik dari gadget saja tetapi lebih pada membersihkan gadget dari virus yang menempel. Mau tahu apa yang disarankan oleh Apple untuk membersihkan virus korona :
“Using a 70 percent isopropyl alcohol wipe or Clorox Disinfecting Wipes, you may gently wipe the exterior surfaces of your iPhone. Don’t use bleach. Avoid getting moisture in any openings, and don’t submerge your iPhone in any cleaning agents.”
 Mungkin isoproyl alkohol atau kain lap Clorox Disinvecting masih tidak familiar bagi orang awam seperti kita. Namun hand sanitizer yang berbasis alkohol secara umum bisa digunakan untuk mensterilkan permukaan gadget kita. Tidak boleh sembarangan membersihkan peralatan ini bahkan jika salah membersihkan bisa akan merusak bagian yang sensitif pada gadget seperti layar ataupun keyboard. Jngan disemprotkan langsung pada  permukaan gadget tetapi semprorkan di kain lap dan kain mengandung sanitizer, usapkan ke seluruh permukaan gadget kita. 

Sejalan dengan hal tersebut CDC (Center for Disease Control) menyarankan bahan 60% etanol dan 70% Isopropanol sebagai bahan aktif hand Sanitizer juga efektif untuk membasmi perkembangbiakan virus yang berhubungan secara genetik. Sejauh ini semprotan pembersih etanol 60% atau alkohol dengan konsentrasi sampai 70% masih relatif aman, namun mungkin jadi ada resiko kecil akan kerusakan jika cara mensterilkannya tidak tepat.

Cara membersihkan Smartphone dan Tablets


Menggunakan disinfektan berbasis alkohol seperti rubbing alcohol sebenarnya juga membawa sedikit dampak buruk terutama keausan pada lapisan oleophobic di layar. Sebenarnya lapisan oil repelling ini akan otomatis lambat laun juga hilang walaupun tanpa di lap pakai disinfektan seiring dengan berjalannya waktu.

Lebih baik pada saat ini lebih disarankan tablet maupun smartphone menggunakan casing, sehingga setiap saat kita anggap casing kurang steril bisa kita cuci dengan sabun dan kita jemur sampai kering karena bahan casing dari plastik elastis atau karet yang aman dari lembab dan basah.

Jika terpaksa smartphone tidak menggunakan casing, hidari penggunaan kain lap yang kasar, bahan pembersih yang terlalu keras seperti bleach (pemutih) atau deterjen lainnya yang bisa merusak lapisan oleophobic. Jika lapisan ini hilang terutama pada layar akan mengakibatkan bergaris garis atau berkabut dan tidak bening lagi.

Cara membersihkan laptop dan sejenisnya


Sebelum membersihkan bagian luar terlebih dalulu untuk membersihkan dibu di bagian selipan keyboard dan kipas pendingin dengan air blower atau bisa menggunakan penyedot debu mini. Setelah bersih dari debu, tuangkan sanitizer berbasis alkohol ke tisu basah atau kain halus dan usapkan ke seluruh permukaan laptop. pastikan seluruh tombol keyboard mendapatkan usapan karena bagian tombol adalah bagian yang sering disentuh oleh tangan. 

Bagian penting kedua yang harus diperhatikan adalah layar. Mengusap layar dengan bahan berbasis alkohol cukup dengan sekali usap dan usahakan merata karean pada tahap ini kita tidak butuh membersihkan tetapilebih pada mensterilkannya dari virus.Lakukan dengan hati hati jangan sampai tergores oleh benda tajam atau kain yang kasar.

Bagian terpenting ketiga adalah touch pad atau mouse. Membersihkan mouse tidak sesulit membersihkan touch pad karema mouse posisinya terpisah dengan body sedangkan touchpad menyatu dengan body. Kerusakan mouse bia diganti sedangkan jika touchpad yang rusak akan berakibat membongkar casing laptop. Oleh karena itu mengusap touchpad agar lebih hati hati cukup dibagian permukaan yang sering disentuh oleh jari tangan.

Bagian lainnya yang harus disterilkan adalah headset atau earphone jika menggunakan device ini. Cukup gunakan kain lembab dengan alkohol dan usapkan kebagian yang sering kena sentuh dengan badan kita.

Bagian terakhir yang harus dilap oleh sanitizer adalah joystick atau game controller yang langsung tersentuh oleh tangan. Cara bisa dilakukan anda bisa menglap seluruh permukaannya walaupun sedang tidak dimainkan.

Nah, akhirnya untuk menjaga tetap steril setiap kali kita akan mengoperasikan laptop tetap gunakan hand sanitizer terutama pada bagian tangan yang langsung menyentuh ke perangkat. Demikian semoga kita selalu dijauhkan dari virus yang sangat membahayakan ini. 






Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed