Cara Menampilkan Smartphone Di Layar TV Untuk Karaoke Tanpa Kabel

Cara Menampilkan Smartphone Di Layar TV Untuk Karaoke Tanpa Kabel

Pernah berkaraoke menggunakan youtube sebagai media online untuk menampilkan musik dan lirik ?, saya yakin sobat semua sudah pernah melakukannya baik menggunakan smartphone, laptop, PC ataupun TV. Jika dulu kita sering berkaraoke menggunakan penyimpanan seperti DVD , flashdisk, hardisk external yang terhubung dengan karaoke player dengan amplifier (penguat suara) dan equalizer (pembersih suara) yang semuanya terhubung dengan kabel, maka dengan semakin simpel dan canggihnya peralatan maka saat ini kita bisa menggunakan input device tanpa kabel yang bersumber dari smartphone yang terhubung tanpa kabel ke Televisi dengan menggunakan alat yang dinamakan dongle yang berfungsi sebagai wifi display receiver ( penerima sinyal gambar melalui jaringan wifi). Dengan bahasa lain apa yang kita mainkan di smartphone semuanya bisa tampil di televisi tanpa terhubung dengan kabel. Dengan cara ini bisa kita manfaatkan untuk berkaraoke dan menampilkan lirik online yang bersumber dari smartphone untuk kita tampilkan ke layar yang lebih besar dan lebih nyaman untuk menyanyi karaoke. Dengan cara ini hanya dengan duduk manis di kursi kita bisa mengendalikan tampilan layar monitor untuk menyanyikan lagu sesuai dengan yang kita inginkan.

Nah, bagaimana dengan transfer suaranya ?, sebenarnya alat ini juga sudah dilengkapi dengan transfer suara sehingga sobat cukup menyambungkan suara ke sound system melalui kabel dari out TV , namun jika sobat tidak mau ribet dan sound system sudah dilengkapi dengan bluetooth receiver, sobat bisa menyambungkannya melalui bluetooth di smartphone.

Sebenarnya alat ini lebih cocok untuk mengubah TV LCD atau LED biasa menjadi Smart TV, namun sebagian besar orang memanfaatkannya untuk berkaraoke atau bermain game online di layar TV, sehingga hanya TV biasa yang punya colokan minimal 1 HDMI dan 1 colokan USB saja yang bisa menggunakan alat ini karena dongle ini nantinya dicolokkan ke dua colokan tersebut. Secara umum skemanya seperti pada agambar berikut :



Saat ini sudah banyak jenis dongle yang dijual dipasaran dari harga 100 ribu sampai 300 ribuan. Beberapa merk dipasaran seperti Anycast Miracast HDMI Dongle, Ipush Wifi Display Receiver, Mirascreen G4, Q1 AV, Ez Cast dan banyak lagi yang lain. Namun jika sobat ingin mendapatkan produk asli dari Google ada yang disebut dengan Chromecast Dongle dengan harga 300 ribuan.

Cara memasangnya juga sangat mudah , saya ambil contoh memasang dongle Anycast yang terhubung dengan smartphone android :


  • Colokkan dongle pada colokan HDMI dan usbnya colokkan pada lubang USB di belakang TV. Colokan micro USB hubungkan dengan colokan jantannya. seperti pada posisi gambar diatas.
  • Ubah input TV pada posisi HDMI
  • Tekan tombol kecil dibagian samping dongle Anycast
  • Jika sudah muncul tampilan awal Anycast, sambungkan dengan kode wifi dan url yang muncul dilayar. ikuti petunjuk selanjutnya sampai tampilan di smartphone sama dengan tampilan dilayar.


Masing masing dongle punya cara instalasi yang berbeda beda, sobat bisa mengikuti buku petunjuk pemasangan atau mencari tutorial di Youtube untuk berbagai merk dongle yang sobat pakai.

Jika sobat belum punya jenis televisi led dan ingin membelinya, alangkah baiknya sekaligus langsung membeli jenis Smart TV saja dimana dongle dan fitur nonton youtube sudah terintegrasi didalamnya, kita tidak usah lagi instalasi HDMI dongle. Dari segi harga Smart TV juga tidak terpaut mahal dengan TV Led biasa dan tentu saja Dongle HDMI yang kita instal menurut pengalaman saya jika kita hidupkan agak lama dongle akan cepat panas sehingga bisa mengurangi ketahanannya.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed