Cara Membuat Karaoke Rumahan Dengan Biaya Pas Pasan Beserta Kalkulasi Biayanya

Cara Membuat Karaoke Rumahan Dengan Biaya Pas Pasan Beserta Kalkulasi Biayanya

Empat tahun lalu di artikel yang sama saya telah membuat tutorial membuat karaoke sendiri murah meriah dan berdasarkan bergulirnya waktu dan perkembangan teknologi karaoke yang semakin canggih dan semakin murah saya menulis kembali artikel ini. Sebenarnya dari segi teknologi baik hardware maupun software semakin banyak pilihan untuk merangkai sebuah peralatan karaoke sesuai keuangan dibandingkan dengan 4 tahun lalu. Sebagai contoh aplikasi karaoke yang berisi ribuan database lagu dengan harga yang cukup mahal, saat ini dengan kualitas yang sama bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa biaya sama sekali dengan memanfaatkan situs Youtube.


Jika kita membuat karaoke di rumah dengan biaya pas pasan tentu jangan terlalu memikirkan bagaimana biaya membuat ruang karaoke di rumah, desain tempatnya, peredam suara, furniture, lighting (pencahayaan),  pendingin atau sirkulasi udara ataupun software aplikasi karaoke. Namun cukup konsentrasi dengan perangkat atau peralatan sound karaoke dan file lagu yang akan digunakan untuk menyanyi karaoke seperti peralatan speaker karaoke, mic untuk karaoke, player karaoke dan peralatan utama untuk karaoke lainnya. 

Jika kita kalkulasi biaya terbesar adalah pada sound system karena jika kita merujuk pada standar room karaoke maka hanya membeli 2 speaker bermerk termurah saja seperti Ashley BS-998 harganya 2,5 jutaan belum biaya untuk power amplifier, PC dan layar monitor. 

Sobat Ngamen pasti sudah punya solusi untuk diluar sound system seperti layar monitor, dan database lagu dengan biaya yang seirit mungkin. Untuk layar monitor sobat bisa memanfaatkan Televisi LED atau LCD yang dilengkapi dengan colokan input VGA dengan ukuran lebih besar lebih baik namun untuk kenyamanan minimal layarnya 32 inchi. Sedangkan sumber karaoke atau karaoke machine cukup dengan memanfaatkan laptop atau CPU dengan kualitas sound outputnya yang bagus. Untuk Player karaoke cukup dengan menngunakan VLC Player atau sobat bisa uji coba berbagi player lainnya yang bisa menghasilkan suara lebih bagus, yang penting support berbagai format Video dan Audio. Untuk karaoke dengan format Midi sobat bisa menggunakan Van Bosco Karaoke Player dengan modifikasi pada output agar suara yang dikeluarkan lebih jernih seperti tutorial yang pernah saya bagikan sebelumnya ini

Terakhir sobat pasti penasaran sound system apa yang cocok untuk karaoke rumahan dengan biaya pas pasan ini. Sobat pasti tahu kualitas suara perangkat portable seperti produk terbaru PMA Polytron. Namun saya tidak menggunakan PMA untuk karaoke tetapi Spaker Aktif Polytron XBR PAS 78 dengan harga 2 jutaan dengan suara bassnya lebih menggelegar dibanding produk PMA . Namun jika dana tidak cukup, sobat juga bisa menggunakan PMA harga satu jutaan. Mengapa perangkat ini bisa kita pertimbangkan sebagai power karaokenya. Selain Polytron sudah malang melintang berpengalaman dengan memproduksi perangkat kualitas suara bagus dengan teknologi Bazzoke, Polytron  PMA punya fitur fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung karaoke rumahan. Berikut beberapa fitur keren :


1. USB Play Movie : Dengan fitur koneksi USB Input & SD Card Input, mendengarkan musik dan Film kesayangan yang ada di flashdisk .

2. Bluetooth Receiver :Bukan hanya memutar lagu lewat USB Flashdisk atau SD card, juga memungkinkan penggunanya memutar musik lewat Bluetooth yang terkoneksi perangkat seperti smartphone. atau laptop yang sudah dilengkapi bluetooth. Fitur Bluetooth audio saat ini menjadi fitur paling sering digunakan karena kepraktisan koneksi tanpa kabel




3. 2 buah Wireless Speaker : Tak perlu membeli speaker tambahan, sobat langsung bisa menggunakannnya untuk duet karaokean.

3. Digital FM Radio : Digital FM Radio yang bisa digunakan untuk mendengarkan stasiun radio favorit. Tak hanya itu, Polytron dengan cerdas memberikan fasilitas Digital FM Radio yang dapat diprogram atau menyimpan stasiun radio kesayangan dalam 40 memori stasiun radio yang juga bisa dilihat via aplikasi.

4. XBR Control (Extended Bass Radiator) : yaitu  teknologi yang bisa menghasilkan suara bass menggelegar yang lebih mantap ,detail dan merata disemua posisi dengar meskipun dengan daya input yang kecil. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena pengguna tak perlu mengatur volume yang maksimal jika ingin menikmati dentuman bass.


5. Remote Control : Akses kontrol tanpa kabel untuk pengaturan suara terbaik.

Dari gambaran diatas 3 perangkat atau peralatan karaoke termahal adalah :

1. Layar Monitor LED 32" merk Lokal harga termurah : 2.000.000 
2. Laptop bekas Core i3 harga termurah : 3.500.000
3. Speaker Aktif Polytron termurah : 2.000.000

Jika sobat sudah punya laptop atau TV dengan spesifikasi diatas biaya bisa ditekan lebih murah.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed