Cara Mudah Mempelajari Akord Dasar Bermain Keyboard Secara Otodidak

Cara Mudah Mempelajari Akord Dasar Bermain Keyboard Secara Otodidak

Mempelajari akord saat bermain keyboard sebenarnya bisa dilakukan sendiri atau secara otodidak jika ada niat dan kemauan kuat. Saat pertamakali sobat Ngamen blog memegang keyboard apa yang sobat rasakan. Mungkin sama dengan yang dirasakan pemain keyboard pemula pada umumnya yaitu merasa bingung karena banyak sekali tombol tombol yang nyaris tidak tahu fungsinya kecuali tombol tuts. Itupun saat ditekan belum bisa memainkan atau mengiringi sebuah lagu, cukup di tekan tekan saja mencari nada do re mi fa sol dan seterusnya, ayo ngaku. Hal ini wajar karena  kita belum tahu apa itu fingerboard.

Cara Gampang Mengenal Akord Dasar Bermain Keyboard


Perlu sobat ketahui bahwa mengenalkan Fingerboard atau dalam bahasa Indonesia istilah ini sering dengan sebutan papan jari atau tuts merupakan cara paling dasar / paling awal untuk bermain keyboard. Tuts putih merupakan nada dasar dan tuts hitam adalah nada kromatis. Di ujung fingerboard bagian ujung paling kiri adalah nada C, nada C menggunakan tuts warna putih, jadi apabila di urutkan dari ujung sebelah kiri urutan nadanya adalah C D E F G A B C, nada nada ini menggunakan tuts putih. Perlu diperhatikan dalam mengenal fingerboard ada istilah yang disebut dengan OKTAF, yaitu nada kedelapan. 


Nada C pada keyboard biasanya terletak pada ujung kiri fingerboard, nada C yang pertama ini disebut dengan oktaf ke 1, apabila sudah ketemu nada C berikutnnya maka disebut oktaf ke 2 dan begitu seterusnya sampai oktaf bagian terakir. Rata rata oktaf pada keyboard biasanya terdiri dari 5 oktaf. Kita bisa memahaminya dengan memulai nada C yang berada pada ujung kiri fingerboard terutama tuts yang berwana putih.


Kemudian setelah kita sudah memahami finger board dan oktaf langkah selanjutnya adalah mengenal jari kiri dan kanan. Pada jari kiri, jari no 1 dimulai dari kelingking, dan pada jari kanan jari no 1 di mulai dari ibu jari. Setelah itu mulailah memahami jari 1 2 3 4 5 baik dari tangan kanan dan kiri. Perlu diingat bahwa dasar memainkan keybord jari yang digunakan menggunakn jari 1 3 5 dan ini berlaku untuk tangan kanan dan kiri. Agar lebih jelas , bisa dilihat pada bagan berikut ini :


Akord adalah susunan nada yang terdiri dari 3 atau lebih yang digunakan untuk mengiringi melodi. Tidak hanya pada saat bermain keyboard saja, mengenalkan akord juga sama caranya disaat belajar bermain piano.


Intinya untuk memainkan keyboad sebelumnya kita harus bisa memainkan Akord, karena akord ini di gunakan untuk mengiringi melodi, berikut ini adalah nama akord dasar dan susunan nadanya, agar lebih mudah silahkan dihafalkan nama dan susunan nadannya.


1. C mayor memiliki susunan nada C E G

2. D minor memiliki susuanan nada D F A

3. E minor Memiiliki susunan Nada E G B

4. F mayor memiliki susunan nada F A C

5. G mayor Memiliki susunan nada G B D

6. A minor memiliki sususunan nadan A C E

7. B minor memiliki susunan nada B D Fis ( nada Fis menggunakan tuts hitam da terletak disamping kanan setelah nada F )


Perhatikan baik baik untuk memainkan akord dasar harus menggunakan jari 1 3 dan 5 baik dari tangan kanan maupun tangan kiri, mohon difahami letak jari tersebut jangan sampai keliru. Namun demikian, akord pada keyboard yang saya kenal seperti pada Keyboard Yamaha juga bisa berfungsi hanya dengan menekan satu tombol saja. hal ini akan lebih memudahkan jari untuk memahami letak tuts akord dan mengeser geserkannya saat mengiringi lagu. Contohnya disaat lagu yang kita iringi masuk ke akord C, maka satu tombol tuts paling ujung kanan sendiri saja yang ditekan sudah mengeluarkan nada C, namun sebelumnya keyboard harus diaktifkan mode one hand bukan mode piano.


Setiap akord memiliki susunan nada yang terdiri dari 3 nada, saya ambil contoh akord C mayor, memiliki susunan nada C E G, nada C adalah nada ke 1 maka dimainkan dengan jari 1, nada E adalah nada ke 2 makadi mainkan dengan jari 3 , dan G nanda ke 3 dimainkan dengan jari 5. Dari jari 1 3 dan 5 ini berlaku untuk tangan kana dan kiri. Jika tangan kanan 1 3 5 tangan kiri juga harus 1 3 dan 5. Dan kedua nya harus menekan secara bersamaan sekaligus kompak.


Berikut adalah rumus jari untuk susunan nada pada akord dasar keyboard.

Nada ke 1 jari 1

Nada ke 2 jari 3

Nada ke 3 jari 5


Apabila tangan kiri berada pada oktaf 1 tangan kanan berada pada oktaf 2, intinya selisih tangan kiri ke tangan kanan adalah 1 oktaf. Maka apabila tangan kiri berada pada oktaf 2 tangan kanan berada pada oktaf 3.


 Selamat berlatih bermain keyboard, lakukan dengan cara mudah dulu dengan mengiringi lagu lagu dengan nada dasar C dan akord yang mudah dulu tanpa nada minor. Ayo iringi lagu Bengawan solo, ulang ulang sampai bisa. Jangan percaya tulisan saya , namun buktikan sendiri untuk menjadi keyboardis otodidak

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------