Cara Memotret Di Tempat Gelap Malam Hari Dengan Kamera Android Untuk Hasil Terbaik

Cara Memotret Di Tempat Gelap Malam Hari Dengan Kamera Android Untuk Hasil Terbaik

Memotret  objek benda atau apapun dengan pencahayaan minim bahkan hampir nol persen perlu membutuhkan keahlian khusus. Untuk mendapatkan hasil terbaiki sangat dipengaruhi oleh fasilitas kecanggihan kamera malam hari. Selain itu dengan menggunakan smartphone Android bukanlah perkara mudah untuk hasil pemotretan terbaik dibandingkan dengan saat siang hari. Untuk menyiasati hal tersebut, terkadang banyak yang mengggunakan flash sebagai solusi mengatasi pencahayaan yang kurang baik. Padahal sebenarnya pemakaian flash juga belum tentu dapat membantu memaksimalkan pencahayaan. Malah penggunaan flash yang tidak tepat akan membuat hasil foto tidak memuaskan.
Tips kali ini Blog Ngamen akan berbagi cara memotret ditempat gelap dengan kamera android untuk hasil maksimal


1. Gunakan Modus HDR

Dengan mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR), maka kamu akan dapat menentukan jarak dan angle paling pas agar hasil pemotretan tidak tampak gelap. Modus ini menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. Caranya cukup dengan tekan opsi "Mode", lalu klik "HDR". Di sebagian smartphone Android, modus HDR langsung tampil saat membuka kamera. Sayangnya, ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file foto biasa.


2. Aktifkan Self-Timer

Fungsi mengaktifkan Self-Timer adalah menghindari hasil foto yang blur disamping penentuan agle terbaik. Dengan memundurkan timer pemotretan 5 atau 10 detik maka kamu punya waktu yang pas untuk mencari posisi tanpa membuat menunggu terlalu lama.

3. Aktifkan Modus Pro

Jika didalam kamera Android kamu mengusung fitur Modus Pro maka kamu akan bisa menggunakan pengaturan pencahayaan secara manual. Aturlah pencahayaan se sensitif mungkin sesuai dengan keadaan yang gelap. Lakukan percobaan beberapa kali untuk melihat hasil terbaik.Carnya cukup dengan menekan opsi "Mode" di kamera, kamu akan menemukan opsi "Pro". Kalau kamu mengerti konsep dasar fotografi, pakailah modus ini untuk menghasilkan foto lebih baik saat malam hari.


4. Tingkatkan ISO

ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, maka akan semakin cerah pula hasil fotonya. Sebaliknya, semakin rendah ISO akan semakin rendah hasil kualitasnya. Jika smartphone memungkinkan untuk mengatur ISO, kamu bisa mengaturnya ke angka 400 untuk mendapat gambar yang lebih cerah tanpa bantuan flash.Tapi jangan lupa, jika terlalu sedikit cahaya di sekitar objek, hasilnya foto terlihat berbintik dan pecah. Sebaliknya, jika terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposure.Jika kamu sudah menaikkan ISO tapi masih terlihat buram, bisa jadi kamu masih mengaktifkan modus "Anti-Shake" dan HDR. Matikan kedua fitur ini dan foto akan terlihat normal.

5. Manfaatkan Cahaya di Sekitar

Jika kamu kesulitan mengambil foto saat malam, gunakan sumber cahaya alami yang ada di sekitar kamu seperti lampu jalan, lampu mobil, sepeda, atau apapun yang memungkinkan gambarmu terkena cahaya. Cara ini akan lebih tampak hasil yang lebih alami tanpa harus dengan pengaturan yang lebih rumit.
Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------