19 Lagu Yang Bisa Anda Dengarkan Sebagai Pembakar Semangat Berolah Raga Lari

19 Lagu Yang Bisa Anda Dengarkan Sebagai Pembakar Semangat Berolah Raga Lari


Berlari atau jogging merupakan olahraga yang sering dilakukan oleh siapa saja baik laki laki , perempuan, tua maupun muda. Selain mudah dilakukan tanpa membutuhkan peralatan apapun, aktifitas berlari bisa disesuaiakan dengan kemampuan tubuh baik jarak tempuhnya maupun kecepatan berlari. Nah, biar lari tambah semangat, kamu bisa memainkan musik atau memasukkan daftar lagu yang direkomendasikan peneliti.

Sebuah penelitian  di British Association of Sport and Exercise Sciences, menyimpulkan bahwa dengan mendengarkan lagu kesayangan mampu memotivasi dan memompa aktifitas olahraga lari mampu berpikiran positif dan mengurangi pikiran negatif, seperti nervous sebelum perlombaan dimulai.

Berbagai macam olahraga termasuk lari haruslah dilakukan dengan konsentrasi. Agar bisa mendapatkan konsentrasi tersebut, kita bisa mendengarkan musik yang mampu membakar semangat. Tak hanya membuat pikiran lebih tenang dan terbebas dari stress, otot-otot tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga gerakan olahraga pun bisa dilakukan dengan lebih baik.

Namun, sayangnya tidak semua jenis musik yang mampu membakar semangat untuk berlari , hanyalah musik yang dengan bit yang tepat, beats per minute (BPM)-nya sesuai dengan langkah. Atau dengan kata lain irama lagu sesuai dengan langkah berlari.. Jadi ketukan disinkronkan dengan kecepatan, agar lari menjadi lebih efisien.

Dikutip dari shape.com.sg, lagu dengan kurang lebih 150 sampai 170 BPM paling cocok saat lari dengan jarak 10K atau 10 km, karena bisa membantu mengatur irama langkah menjadi 150 sampai 170 langkah per menit. Peneliti juga mengungkapkan  bahwa saat irama meningkat, kecepatan lari pun meningkat. Dengan cara ini badan akan menyesuaikan ritme olahraga dengan pas untuk menghasilkan semangat yang maksimal.

Berikut adalah daftar lagu yang bisa Sobat dngarkan untuk membakar semangat berolah raga lari :

1. All I Do Is Win oleh DJ Khaled ft Ludacris, Rick Ross, Snoop Dogg & T-Pain (150 bpm)
2. Animal oleh Neon Trees (148 bpm)
3. Countdown oleh Beyonce (167 bpm)
4. Dog Days Are Over oleh Florence + The Machine (150 bpm)
5. Dreams oleh Passion Pit (150 bpm)
6. Good Life oleh G-Eazy, Kehlani (168 bpm)
7. If You Can Afford Me oleh Katy Perry (150 bpm)
8. Leave Me Alone oleh Pink (150 bpm)
9. Make It MIne oleh Jason Mraz (150 bpm)
10. Make You Feel Good oleh Fetty Wap (158 bpm)
11. Mr. Brightside oleh The Killers (148 bpm)
12. Rockstar oleh Post Malone ft. 21 Savage [explicit] (160 bpm)
13. Run oleh Gnarls Barkley (150 bpm)
14. Run And Tell That oleh Elijah Kelly
15. Runaway Baby oleh Bruno Mars (164 bpm)
16. So HIgh oleh Wiz Khalifa ft. Ghost Loft (158 bpm)
17. Superheroes oleh The Script (167 bpm)
18. When I'm Back On My Feet Again oleh Michael Bolton (152 bpm)
19. You Look Good oleh Lady Antebellum (152 bpm)

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, pakar kesehatan menyarankan supaya tidak sembarangan mendengarkan musik saat berolahraga, khususnya jika kita melakukan olahraga lari  di jalan raya. Jika kita memasang volume musik terlalu keras, bisa jadi kita tidak memperhatikan kondisi lalu lintas atau jalan sehingga lebih beresiko mengalami kecelakaan.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed