Memainkan dan Menyambung Lagu Dangdut DJ Mix Nonstop Menggunakan Virtual DJ 8

Memainkan dan Menyambung Lagu Dangdut DJ Mix Nonstop Menggunakan Virtual DJ 8

Sebelum menulis tutorial ini,saya  sudah mencoba berbagai software DJ Mix untuk memainkan lagu lagu DJ KN 7000 MP3 dan hasilnya menurut saya yang paling cocok untuk memainkan dan menyambung (bukan membuat atau mengaransmen) musik DJ adalah mengunakan Virtual DJ 8.

Virtual DJ 8 adalah tool untuk memainkan musik DJ dan mixing music melalui komputer secara mudah dengan equipment yang telah di sediakan secara virtual. Untuk menyambung lagu dj dangdut A dengan lagu DJ dangdut B menggunakan software ini tentu saja tidak hanya faktor teknis memixing lagu saja tetapi juga faktor feel (perasaan) dimana timing waktu yang tepat lagu tersebut berpindah apa lagi jika lagu DJ tersebut sedang mengiringi seseorang yang lagi berkaraoke lagu DJ. Ternyata setelah saya  coba untuk lagu dj dangdut kurang pas jika lagu A langsung disambung dengan lagu B hasil bitnya terus bercampur tidak seirama, mendingan kalau setelah lagu A selesai disambung dengan instrumen lagu DJ kemudian baru masuk lagu B disambung lagi dengan instrumen lagu DJ disambung lagu C dan seterusnya hasilnya walaupun masih terasa belum smooth perpindahan lagunya seperti pada KN 7000 tetapi sudah lumayan bagus tinggal ya itu tadi faktor perasaan (feel)  DJnya. 
Nah sobat ngamen, tutorial ini hanya menjelaskan cara menyambung lagu DJ, satu kelebihan dari sekian banyak manfaat Software Virtual DJ 8 yang belum saya pahami, namun sebagai penggemar musik dangdut tool ini sangat bermanfaat untuk menyanyi karaoke lagu lagu dangdut DJ seperti layaknya sedang berada dipanggung ngamen. Berikut tutorialnya :
1. Download softwarenya disini . 
2. Setelah selesai silahkan login dengan email sobat (gmail) komputer harus online.
Memainkan dan Menyambung Lagu Dangdut DJ Mix Nonstop Menggunakan Virtual DJ 8

3.Klik  lagu 1 yang akan diputar di bagian bawah seret (drag)  ke bagian putaran sebelah kiri , musik DJ yang berfungsi sebagai penggabung antar lagu drag disebelah kanan.
4. Mulailah memainkan lagu 1 sampai selesai , untuk berpindah ke musik dj , play putaran 2 kemudian pelan pelan geser no. 3 ke sebelah kanan .
5. Sementara musik DJ berbunyi, ganti lagu kedua di putaran sebelah kiri , tekan tombol play yang putaran kiri , dan umtuk masuk lagu DJ ke lagu ke 2 geser pelan pelan no 3 kesebelah kiri demikian seterusnya untuk lagu ke 3, 4,5
6.Jangan lupa setiap memasukkan lagu baru tekan tombol SYNC , untuk menyelaraskan / mensinkronkan bit antar lagu biar pergantian lagu terasa smooth.
Sekali lagi, enak atau tidak enak musik DJ ini didengar tergantung yang meramu , keterampilan dan feel masing masing DJ sangat dibutuhkan untuk kenikmatan lagu DJ dangdut ini.
Sobat Ngamen , bila masih kurang jelas silahkan simak tutorial video berikut ini:

Advertisement

Baca juga:

------------- READ NEXT -------------